Pantai Karang Nini

Objek wisata ini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ± 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan. Sepanjang jalan dari pintu gerbang ke lokasi, akan Anda nikmati kesejukan hutan jati dengan irama alam liarnya. Bukan itu saja, pada beberapa bagian jalan ini akan dihidangkan panorama pantai di kejauhan dengan latarAkomodasi Pantai Karangnini belakang Sagara Anakan. Sungguh sebuah pemandangan yang tak terlupakan apabila Anda datang pada saat cuaca cerah.

Tempat wisata ini sengat cocok untuk piknik, panorama laut lepas dan pulau Nusa Kambangan, lintas alam dan memancing. Obyek wisata Karangnini juga menyediakan menara pandang yang terletak diatas bukit di tujukan bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan yang luas dan indah dari atas. Selain itu dikawasan Karang Nini juga terdapat obyek wisata lain seperti Mata Air Sumur Tujuh dan Aquarium alam di muara Cipangbokongan yang sangat menarik disaat air laut surut, para pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan hias yang terjebak di relung – relung terumbu.

Kisah di balik nama Karang Nini
Konon pada zaman dahulu kala disebuah kampung sekarang bernama Emplak tinggalah sepasang kakek nenek sakti yang bernama Ambu Kolot dan Arga Piara. Kegemaran siAki adalah memancing ikan laut seperti biasanya pada suatu hari siAki pergi memancing sementara sinini menunggu dirumah. Hari sudah merembang petang si Aki belum juga pulang. Hal itu membuat nenek menjadi gusar khawatir terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan menimpa diri si Aki. Ditelusurinya sepanjang pantai serta memanggil-manggil diantara suara deburan ombak. Namun malang sampai hari berganti malam si Aki tetap tidak berhasil dijumpai. Para penduduk yang membantu mencari sudah putus asa dan pulang kerumahnya masing-masing. tinggalah siNini ditepi pantai.

Dengan kesaktian yang dimiliki si Nini memohon kepada sang Ratu Laut Kidul agar bisa dipertemukan dengan si Aki bagaimanapun keadaannya. Tidak berapa lama kemudian menjelmalah dihadapan si Nini sebuah batu karang dalam keadaan mengambang, sebagai perwujudan dari jasad si Aki. Saat ini batu karang tersebut dinamakan Balekambang. Konon kabarnya kalau kita berdiri diatas batu karang tersebut seolah-olah bergoyang.
Didorong oleh keinginan untuk membuktikan cinta kasih dan kesetiannya kemudian sinini bersemedi kembali memohon kepada Nyi Roro Kidul agar dirinya dijelmakan seperti si Aki. Si Nini pun akhirnya menjelma menjadi batu karang menghadap laut kearah Balekambang.

Kisah kedua insan itu sampai kini masih kokoh terabadikan melalui dua batu karang yaitu Karang Nini dan Balekambang.

Fasilitas yang tersedia dilokasi wisata ini adalah papan petunjuk, pos jaga, pondok kerja, tempat parkir, jalan setapak, instalasi air, tempat sampah, shelter, pagar pengaman, MCK, bangku, mushola, menara pengintai, Pesanggrahan, pusat informasi dan beberapa warung/kantin. Lokasi dapat dicapai dari kecamatan Kalipucang (14km) dari Kabupaten ciamis (114km). Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik sehingga dapat dilalui baik kendaraan roda dua maupun empat. Sarana transportasi umum yang ada motor ojek, colt dan kendaraan carteran.

(berbagai sumber)