Pantai Nirwana

Kota Bau-Bau memiliki keunggulan tersendiri dalam wisata baharinya. Salah satu wisata bahari yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke kota ini adalah Pantai Nirwana. Pantai Nirwana merupakan sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat Kota Bau-Bau yang dengan kekayaan dan keunikannya sebagai satu pantai yang memiliki berbagai keunggulan dalam dunia wisata bahari. Lokasi wisata alam pantai Nirwana yang berada di kelurahan Sula kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau Padang, selain memiliki panorama alam yang indah juga dapat dimanfaatkan untuk ajang olah raga diving dan therapy untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Jika selama ini, warga Kota Bau-Bau hanya memanfaatkan lokasi Pantai Nirwana sebagai lokasi rekreasi dengan keindahan nyiur dan hamparan pasir putih sepanjang sekitar setengah kilometer kini warga juga dapat melakukan kegiatan penyelaman (Diving). Hal ini terungkap setelah mulai tampak aktivitas para turis mancanegara melakukan kegiatan Diving dan pemotretan bawah laut. Keindahan terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri para turis untuk melakukan kegiatan wisata di Pantai Nirwana.

Penyu, ikan barracuda berukuran besar dan kecil, soft coral, dan ikan Clawn Fish (ikan badut) yang begitu indah siap menemani para divers saat menyelam. Menikmati potensi wisata Pantai Nirwana tak cukup dengan memandangi indahnya pantai dan warna-warni terumbu karangnya saja. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah goa dengan permandian air payau sepanjang 50 meter.

Masyarakat setempat menyebutnya Goa Moko yang konon pada masa lalu lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari karena tak pernah kering. Lokasi goa ini berada pada bagian selatan Pantai Nirwana. Untuk menjangkau lokasi hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari 10 menit dengan berjalan kaki menelusuri pantai.

Bagi warga Kota Bau-Bau, Pantai Nirwana tidak hanya sebatas lokasi rekreasi, namun ada yang memanfaatkannya sebagai kegiatan therapy untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti asma dan gangguan saluran pernapasan. Ini hanya dilakukan dengan cara berendam dalam kesegaran air laut Pantai. Meski belum banyak yang mengetahui, namun bagi mereka yang telah mencoba, khasiatnya telah dibuktikan.