Pulau Molokini

Molokini merupakan pulang berbentuk bulan sabit yang berlokasi sekitar 2.5 mil (4 km) dari pantai selatan Maui, Hawai. Bentuk pulau yang nampak layaknya bulan sabit, melindungi penyelam dari tingginya gelombang dan arus laut. Bagi para penyelam, Pulau Molokini adalah ‘surga’ karena kehidupan lautnya dilindungi sehingga keindahannya terjaga.

Molokini, sebuah pulau tak berpenghuni, dengan massa tanahnya hanya 23 hektar. Pulau Molokini secara luas dikenal karena memiliki air jernih di Hawaii, dan menawarkan 80-200 kaki perairan sebening kristal. Hal ini juga membuat Molokini lokasi untuk snorkeling Hawaii terbaik dan paling indah.

Di sini Anda dapat menemukan kehidupan laut yang ditinggali segala jenis mahluk laut, diantaranya ikan tropis yang berwarna warni, belut dan kura-kura. Lebih dari 250 spesies ikan dapat dilihat disini, beberapa spesies dari mereka bahkan ada yang tidak ditemukan di belahan dunia manapun.

Pulau Molokini yang sebenarnya adalah sebuah cekungan kawah gunung merapi, yang dijadikan sebagai tempat pemeliharaan kehidupan mahluk laut serta kawasan pelestarian burung-burung.

Kejernihan air lautnya sangat luar biasa seperti halnya kaca yang bening. Saat hari cerah, Anda bisa melihat dasar laut hingga kedalaman 150 kaki (45,7m). Pemandangan bawah laut disempurnakan dengan ikan yang melimpah ruah. Habitat mereka dijaga sehingga memancing tidak diperbolehkan disini.

Di bagian belakang pulau, kedalaman lautnya mencapai 300 kaki (91,4 m). Area tersebut merupakan tempat sempurna untuk penyelam profesional. Menyelam di pulau Molokini merupakan kegiatan yang unik dan terkenal di Maui.

Molokini merupakan kawah gunung berapi yang tertutupi air laut dan berbentuk sabit, hanya berjarak 2,5 kilometer di lepas pantai Maui, Hawaii. Terletak antara pulau Maui dan Kahoolawe, Molokini sekarang menjadi tempat perlindungan biota bawah laut yang indah. Merupakan bagian dari Maui County, dan salah satu tujuan favorit untuk scuba diving, snorkeling dengan perahu wisata yang banyak berdatangan setiap hari dari pantai selatan Maui.

Bentuk sabitnya yang memberikan perlindungan dari hantaman gelombang dan arus laut membuat daerah ini terkenal sebagai satu dari sepuluh lokasi menyelam terbaik di dunia. Tebing yang terlihat di belakang Molokini turun sedalam 91,44 meter. Sedangkan bagian dalam teluk yang berbentuk sabit merupakan daerah karang dengan pemandangan bawah laut yang jelas sedalam 45,72 meter. Perairan ini adalah rumah bagi sekitar 250 spesies ikan.

Pulau Molokini
Hawaii

(Berbagai Sumber)