Pulau Samalona

Pulau SamalonaPulau Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Pulau Samalona merupakan gugusan pulau karang yang berbentuk  bundar dengan luas 2,34 hektar. Pulau kecil ini merupakan salah satu tujuan  wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasirnya  yang putih dan airnya yang jernih menjadikan pulau ini cocok untuk berjemur. Selain itu, kawasan pulau ini sangat bagus untuk menyelam (diving), karena di  sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan  tropis yang berwarna-warni, dan biota laut lainnya.

Pulau yang berpenghuni sekitar 16 kepala keluarga ini memiliki panorama pantai yang indah. Hamparan air laut yang biru mengelilingi pulau kecil yang dilingkari pasir laut berwarna keemasan, airnya sangat  jernih hinggga dapat memaksa setiap wisatawan yang datang ke pulau terpencil ini untuk berenang di antara ikan yang berwarna-warni.

Keistimewaan
Pulau ini menyimpan sejuta misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-II. Ada sekitar 7 buah kapal yang karam di kawasan  pulau ini, di antaranya: kapal Maru, kapal perang milik Jepang yang karam pada  kedalaman sekitar 30 meter; kapal Lancaster Bomber yang juga karam pada  kedalaman sekitar 30 meter; kapal selam pemburu (gunboat) milik Jepang;  kapal kargo Hakko Maru buatan Belanda; serta kapal selam milik Jepang. Kapal-kapal  yang karam tersebut telah berubah wujud menjadi karang dan menjadi “rumah” atau  “tempat tinggal” bagi ratusan biota laut yang beraneka ragam bentuk, dan jenis serta warna yang sangat mengagumkan. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berenang di antara bangkai-bangkai kapal karam tersebut.

Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) pada satu posisi yang sama. Di pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati kelezatan berbagai macam seafood segar yang dimasak dengan cara yang cukup  unik, yaitu diletakkan di atas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun  pohon yang tumbuh di sekitar pulau. Dengan cara demikian, aroma asap arang  tempurung kelapa tersebut segera tercium dan dapat menggugah selera makan.

Lokasi

Pulau Samalona termasuk ke dalam wilayah Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Ujung Pandang,  Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Akses

Untuk bisa mencapai pulau samalona tidaklah sulit, para wisatawan dapat menyewa/carter perahu dari nelayan sekitar Pantai Losari Kota Makasar. Harga sewa perahu berkisar Rp.350 – 500 ribuan tergantung negosiasi, dengan kapasitas 10 orang. Jarak tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit. Di pulau ini berdiri sebuah mercusuar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.

Akomodasi dan Fasilitas

Di lokasi ini tersedia penginapan sederhana berbentuk rumah pangggung yang dapat menampung sekitar 20 orang dengan tarif antara Rp. 150.000,00 hingga Rp. 250.000,00/rumah/malam. Selain itu, juga tersedia beberapa warung makan yang menyediakan aneka ragam seafood segar, dengan harga berkisar antara Rp.15.000,00 sampai Rp. 20.000,00/porsi.

(Berbagai Sumber)

4 Responses

  1. Wow.. sharing menarik dan bikin kepengen… terus berbagi..

  2. maqbullah djafar says:

    Bisakah diminta nomor hpx tukang perahu tujuan ke pulau Samalona ?

  3. Rie says:

    minta nomor hp yg yang bisa di pakai perahu nya dan nomor telepon tempat penginapan nya juga yah?

  4. arun says:

    Bisa minta nomor HP tukang perahu ke pulau Samalona?