Bukit Nilo

Letaknya sekitar 5 km dari Maumere. Nama sebenarnya Desa Nilo, bukit Keli. Namun orang menjulukinya Bukit Nilo. Di atas bukit, ada patung Bunda Segala Bangsa, atau patung Maria. Tingginya sekitar 18 meter. Belum termasuk fondasinya yang setinggi 28 meter. Beratnya sekitar 6 ton. Patung ini dibuat pada 2005.

Jarak Bukit Nilo dari Maumere cukup dekat, sekitar 5-7 Km. Bagi Anda yang mau menggunakan transportasi umum ada angkutan umum semacam angkot, atau biar tidak ribet ganti angkot di terminal, ojek bisa menjadi pilihan. Cukup dengan membayar Rp 10.000,- Anda sudah bisa sampai ke Nilo dari kota. Nilo termasuk dalam wilayah Kecamatan Nita. Nama sebenarnya Desa Nilo, Bukit Keli.

Patung Bunda Maria di bukit Nilo yang berjarak sekitar 16 km dari Kota Maumere ini sangat direkomendasikan bagi anda untuk dikunjungi, apalagi jika anda adalah seorang umat Katolik yang ingin mendapatkan ketenangan hati serta pikiran. Karena, tidak ada hal yang lebih baik daripada berziarah ke Patung Bunda Maria di bukit Nilo sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang memukau.

Lokasinya terletak di Nilo, Kabupaten Sikka, Flores. Gambaran awan dan siluet objek patung Maria Bunda Segala Bangsa, yang tegak berdiri diatas bukit dengan dimahkotai awan yang berwarna mendung serta beralaskan pepohonan hijau, membuat senja seakan berhenti di area parkir. Parkir dari sebuah kesibukan yang begitu alamiah.

Penganut ajaran katolik Maumere mempercayai, didirikannya patung yang juga tempat berziarah merupakan berkat yang tidak terhingga. Dan penganut katolik khususnya warga Flores, meyakini campur tangan Bunda Maria dapat mendengar dan mengabulkan apa yang mereka butuhkan.

Tempat untuk berziarah ini mempunyai daya tarik khususnya para peziarah yang beragama Katolik. Bediri diatas bukit diantara pohon-pohon hijau yang masih alami disertai dengan udara yang sejuk dingin, lokasi ini sangat nyaman bagi para peziarah untuk berdoa meminta permohonan kepada Bunda Maria. Bagi penganut Katolik, Santa Maria begitu dihormati, jika sungguh-sungguh berdoa, maka doanya dapat terkabulkan. Sangat tepat jika untuk berziarah maupun berwisata pada saat musim dingin. Udara yang sejuk akan menambah keheningan dan kekhusukkan dalam berdoa.

Tempat ini tak hanya menjadi wisata religi bagi kaum nasrani. Kaum nonnasrani pun datang untuk menikmati panorama indah. Dari atas bukit Nilo, Selain Patung Bunda Maria di puncak bukit Nilo. Biasanya orang datang untuk melihat matahari terbit di sini, kita  juga dapat menyaksikan pemandangan alam yang cukup memukau. Pemandangan tersebut terdiri dari daerah-daerah di sekitar bukit Nilo dan melihat seluruh kota Maumere.