Danau Limboto

Objek wisata Alam Danau Limboto yang terletak di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo Indonesia. Yang saat ini memiliki kedalaman antara 5 hingga 8 meter ini. Dulunya, danau ini bernama Bulalo lo limu o tutu, yang berarti danau dari jeruk yang berasal dari Kahyangan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, keberadaan danau seluas kurang lebih 3.000 hektar ini disebabkan oleh sebuah peristiwa ajaib yang terjadi di daerah itu. para pengujung dapat menikmati berbagai kegiatan, antara lain, memancing, lomba berperahu, atau berenang. menikmati ikan bakar segar yang disediakan oleh mayarakat nelayan setempat

Perairan danau merupakan kekayaan alam yang tidak hanya memiliki peran fungsional bagi kawasan dan penduduk di sekitarnya. Keindahan serta fenomena alam-nya  memberikan panorama yang menakjubkan serta menjadi aset bagi kawasan itu sendiri. Danau Limboto dari tahun ke tahun luas dan tingkat kedalamannya terus berkurang, Danau Limboto termasuk berperairan mesotrof. terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bone Bolango, terhampar di ketinggian 4,50 dpl, dengan luas ± 3000 hektar. Danau ini dikelilingi oleh lima kecamatan yaitu, Kecamatan Limboto, Telaga, Telaga Biru, Batuda’a, dan Kota Barat yang merupakan wilayah Gorontalo Kota.

Danau Limboto ini merupakan muara dari empat sungai besar yang berhulu di Kabupaten Gorontalo. Keempat sungai tersebut adalah: Sungai Alo, Sungai Daenaa, Sungai Bionga, dan Sungai Molalahu. Danau ini juga merupakan hulu dari Sungai Tapodo yang muaranya menyatu dengan Sungai Bone Bolango dan mengalir terus ke laut. Danau yang dikelilingi perbukitan, kemungkinan bahwa Danau ini merupakan sebuah kaldera dari sebuah gunung berapi yang meletus ribuan tahun lalu. Kemungkinan ini sangat besar mengingat Pulau Sulawesi merupakan sebuah pulau di Kepulauan Sunda Besar yang sarat dengan gunung-gunung berapi.

danau1Sejak lama, Danau Limboto ini telah menjadi sumberdaya perikanan air tawar bagi penduduk di sekitarnya. Memang Danau ini memiliki multi fungsi baik bagi penduduk sekitarnya maupun kawasan Kabupaten Gorontalo umumnya. Ia juga merupakan sumber air tawar sekaligus penyangga kehidupan dan tata air bagi masyarakat di bantaran sungai-sungainya. Dengan demikian Danau ini merupakan pengendali banjir bagi sebagian besar kawasan Kabupaten. Melihat kesemua peran dan fungsinya yang sangat penting itu, dapat dikatakan bahwa Danau Limboto memegang peran esensial bagi keseimbangan alam dan ekosistem kawasan.

Lokasi
Lokasi Danau Limboto dekat dengan Bandara Jalaluddin, sehingga membuat pengunjung dari luar Gorontalo tidak terlalu sulit untuk mencapainya. Dari Bandara menuju Danau Limboto dapat ditempuh dengan menggunakan taksi ataupun mobil sewaan yang banyak menunggu di sekitar bandara.

Harga Tiket Masuk
Untuk menikmati pesona kecantikan Danau Limboto, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun.

Akomodasi & Fasilitas
Di Kampung Kayudurian, salah satu kampung yang berada di tepi Danau Limboto, pengunjung dapat dengan mudah menemui pendayung yang siap mengantar berkeliling danau. Para pendayung ini akan menawarkan beberapa rute berperahu seperti ke bagian penjual ikan, berkeliling danau di sekitar Kampung Kayudurian, ataupun berperahu menyeberangi Danau Limboto. Harga untuk berperahu ini, nantinya bergantung rute dan kesepakatan antara pendayung dengan pengunjung. (berbagai sumber)