Danau Mempayak

Walaupun di Belitung Timur mempunyai banyak danau, namun Danau Mempayak merupakan danau terluas di Belitung Timur yang bisa anda kunjungi. Danau ini terletak di Desa Mempaya, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Obyek wisata alam ini berada di tepi jalan utama yang menghubungkan kota Kelapa Kampit dengan kota Manggar.

Danau Mempayak bukan merupakan danau alam, namun merupakan danau buatan yang terjadi akibat penambangan timah. Danau ini juga bukan merupakan obyek wisata terkenal namun tak ada salahnya jika anda sedang berada di Pulau Belitung, anda mengunjungi Danau Mempayak. Terletak di kaki Gunung Burung Mandi, panorama di sekitar Danau Mempunyai terlihat sangat indah. Bagi pecinta fotografi, anda dapat mengabadikannya dalam jepretan kamera anda.

Berenang, memancing dan berperahu merupakan kegiatan lain yang bisa anda lakukan saat berada di obyek wisata alam ini. Jika hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati keindahan panorama alamnya, anda dapat menggunakan gazebo yang tersedia di tepi danau. Beberapa penjual makanan dan minuman juga bisa anda temukan di sini.

Kawasan obyek wisata ini berada di pinggir jalan yang menuju ke arah obyek wisata lainnya, yaitu Vihara Dewi Kwan Im. Lokasi obyek wisata ini juga mempunyai lahan parkir yang luas. Selain itu, jika anda datang ke tempat ini pada hari-hari tertentu seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia, maka anda dapat menyaksikan berbagai lomba yang diadakan di danau ini, seperti misalnya lomba rakit. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian anda dan menambah hiburan wisata tersendiri.

Akses ke Danau Mempayak

Untuk menuju obyek wisata ini tidak lah sulit karena lokasi danau ini berada di pinggir jalan raya utama dari Kota Tanjungpandan menuju Kota manggar, Belitung Timur. Dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjungpandan berjarak sekitar 50 km. Jika anda berangkat dari pusat Kota Manggar, anda dapat menyewa ojek dengan biaya sekitar Rp. 10.000 per orang kita atau sesuai dengan penawaran anda dengan pengemudi ojek. Namun jika anda berangkat dari pusat Kota Tanjungpandan, anda dapat menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel maupun penginapan yang ada di Kota Tanjungpandan dengan tarif mulai dari Rp. 250.000.

Sumber : utiket