Gili Nanggu

Jika berbicara wisata Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB), maka biasanya yang terlintas pertama adalah Gili Trawangan sebagai destinasi wisata. Padahal, Lombok memiliki pulau-pulau kecil (gili) yang tak kalah cantik. Salah satunya adalah Gili Nanggu yang tengah “naik daun”. Apalagi sejak pemberitaan mengenai isu bahwa pulau ini dijual, Gili Nanggu semakin disebut-sebut.

GiliNangguGili Nanggu merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju Gili Nanggu, wisatawan dapat naik perahu dari Sekotong. Di kawasan Sekotong yang berada di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di tepian pantai sudah banyak berdiri vila-vila. Jarak ke tiga gili ini juga dekat dari Pulau Lombok. Ke Gili Nanggu dengan perahu hanya 20 menit. Bandingkan kalau ke Gili Trawangan harus naik perahu 40 menit.

Sampai di Gili Nanggu Anda akan disambut hamparan pasir putih nan lembut. Air laut yang tenang dan bening serta ikan-ikan yg mendekat ke tepian pantai akan membuai siapapun. Saat matahari tenggelam adalah saat yang paling indah. Cobalah menunggu senja di tepian dermaga dan nikmati keindahan warna jingga menyirami tubuh Anda.

Selain itu, daerah Sekotong sebenarnya memiliki banyak pulau kecil. Jika dibandingkan dengan Kabupaten Lombok Utara, Sekotong mempunyai gugusan gili dengan jumlah gili yang lebih banyak. Di sini juga tersedia beragam alat snorkeling yang disewakan. Untuk alat snorkeling, harga sewa yang ditawarkan berkisar dari Rp 25.000. Bagi Anda yang tak bisa berenang, tak perlu takut. Perairan Gili Nanggu tidak terlalu dalam sehingga Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam terlalu dalam.

Sekotong juga menjadi menarik perhatian karena lokasinya yang dekat dengan bandara baru, yakni Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok menuju Sekotong dapat dicapai dengan waktu tempuh antara 45 menit sampai satu jam. Ada dua jalur. Pertama jalur ke (pelabuhan) Lembar, bandara ke Lembar hanya setengah jam. Lalu langsung ke pulau-pulau dengan perahu. Atau, jalan darat dulu ke Sekotong selama setengah jam. (berbagai sumber)