Gua Hawang

Destinasi wisata makin seru kalau memiliki legenda yang menambah daya tariknya. Di Kabupaten Maluku Tenggara, ada Gua Hawang yang memiliki legenda orang dikutuk jadi batu. Berdasarkan situs resmi Pemkab Maluku Tenggara, Gua Hawang letaknya di Desa Letvuan, 15 km dari Langgur atau Tual, Kepulauan Kei. Akses jalan menuju gua ini bisa ditempuh wisatawan dari Pantai Ngurbloat dengan perjalanan sekitar 20 menit.

Tidak ada yang tahu pasti kapan goa ini ditemukan, cerita warga setempat bahwa gua ini ditemukan para tetua di kepulauan Kei sejak lama. Gua Hawang adalah gua yang memiliki kolam air tawar alami di dalamnya yang sangat jernih dengan stalagtit menggantung di langit-langit gua. Kolam inilah yang menjadi daya tarik utamanya.

Di dalam gua itu terdapat batu yang memiliki legenda lokal. Alkisah ada seorang lelaki pergi berburu babi hutan bersama anjingnya. Si anjing mengejar babi buruannya ke gua dan babi itu hilang di sekitar kolam. Karena lelah dan kehausan, pemburu dan anjingnya meminum air kolam yang terasa pahit. Kemudia dia mengeluarkan kata-kata kotor yang menghina rasa air. Penunggu gua yang mitosnya adalah roh jahat (“Hawang” dalam bahasa setempat berarti setan) kemudian marah dan mengutuk pemuda itu dan peliharaannya menjadi batu.

Itu yang menyebabkan dikutuklah dia dan anjingnya menjadi batu. Warga sekitar percaya di sekitar gua bergentayangan arwah jahat. Perwujudan batu di Gua Hawang menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Ada bentuk batu yang besar yang dianggap sebagai si pemburu dan batu yang kecil adalah si anjingnya.

Ada alasan kenapa kolam di gua ini begitu jernih sampai kelihatan bebatuan di dasarnya. Kolam di Gua Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Gua ini cocok untuk para traveler petualang yang ingin menjelajah tempat sepi dengan kondisi alam yang dahsyat.

Untuk mencapai Gua Hawang, anda bisa menggunakan angkutan umum dari Langgur ke Desa Letvuan, atau menggunakan kendaraan sewaan. Sediakan perbekalan secukupnya karena tidak ada warung yang dapat anda jumpai disekitar objek wisata ini. Warung hanya dapat ditemukan di perkampungan warga. (detik)