Dago Tea House

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Udara yang sejuk membuat pengunjung betah bersantai dan menikmati makanan dan minuman di sini. Anda dapat melewati Jalan Ir. H. Juanda untuk mencapai tempat ini hingga hampir ujung utara jalan ini. Ketika masuk, Anda harus membeli tiket masuk ke area Dago Tea House seharga Rp. 1.000,- per orang. Meski pada awalnya merupakan tempat untuk minum teh dan makan atau restoran, belakangan tempat ini diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di Taman Budaya Jawa Barat ini sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda. Belakangan namanya diubah menjadi Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat.

Tujuan didirikan Taman Budaya ini adalah sebagai pusat kebudayaan Jawa Barat atau cagar budaya. Di tempat ini sering diadakan pertunjukkan di tempat pertunjukkan dan teater terbuka. Lalu juga terdapat galeri seni yang menampilkan berbagai seni tradisional Jawa Barat. Terdapat juga ruang workshop untuk berbagai kegiatan seni dan budaya. Setiap minggu di tempat ini selalu ada pertunjukkan dan pagelaran seni serta budaya. Sedangkan setiap akhir tahun pada malam pergantian tahun, Taman Budaya menyelenggarkan pertunjukan Bajidoran.

Luas dari Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat atau Dago Tea House sekitar 4 hektar. Selain lahan parkir yang luas, terdapat juga beberapa fasilitas lainnya, antara lain:

  • Arena Panggung Terbuka (Open Air Theather) : Gedung utama yang dahulu digunakan sebagai Restoran Dago Tea House. Memiliki panggung dengan kapasitas tempat duduk yang mampu menampung hingga 1200 penonton. Untuk tempat duduk penonton terdiri atas dua buah tribun, yaitu tribun atas dan tribun bawah. Yang menarik adalah teater ini adalah teater terbuka, sehingga penonton juga dapat menikmati pemandangan keindahan kota Bandung dan menikmati kesejukan udara pegunungan.
  • Theater Taman : Selain teater utama, terdapat juga teater taman yang berukuran lebih kecil. Anda dapat menikmati pertunjukan sembari menikmati keindahan taman disini.
  • Galeri Pameran : Terdapat galeri di area teater yang sering digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskusi. Galeri terdiri atas dua buah ruangan yaitu di depan dan di belakang. Dahulu galeri ini dikenal dengan nama “Roemah Teh” yang sering dijadikan tempat minum teh seperti nama tempat utamanya yaitu Dago Tea House atau Rumah Teh Dago.
  • Sanggar Seni Tari : Karena berfungsi sebagai Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, maka disini juga tersedia sanggar seni tari. Tempat ini digunakan sebagai pusat pelatihan tari Jawa Barat termasuk Jaipongan.
  • Perpustakaan : Pada bangunan utama juga terdapat perpustakaan untuk umum yang berisi koleksi buku-buku seni dan budaya.
  • Cindera Mata : Anda juga dapat membeli berbagai cindera mata khas jawa barat, baik kerajinan tangan, lukisan, wayang golek, dan juga yang lainnya.
  • Boga Kuring : Di lantai atas gedung utama terdapat Cafe Boga Kuring. Anda dapat menikmati berbagai sajian makanan khas Sunda di sini seperti nasi liwet, sayur asam, lalapan, dan karedok. Tidak ketinggalan minuman khas tradisional Sunda yaitu bandrek dan bajigur. Selain makanan dan minuman khas Sunda, Anda juga dapat memesan berbagai jenis makanan Eropa dan Chinese Food seperti beef steak, sandwich, salad, fish steak, chicken steak, dan seafood. Anda dapat menikmati santapan Anda di pondok atau saung dalam bahasa Sunda yang telah disediakan sambil lesehan menikmati panorama yang indah.

Dago Tea House atau Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat dapat menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati santapan yang lezat sambil menikmati dan mempelajari kesenian Sunda. Tempat ini dapat menjadi media pendidikan yang menghibur seluruh keluarga.

Alamat : Jl. Bukit Dago Utara No.53 Bandung-Jawa Barat
Telepon : (022) 250 5365

(sumber : kumpulaninfo)