• -6.153636, 106.792756

Owabong

Owabong

Obyek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga propinsi Jawa Tengah. Owabong atau kepanjangan dari “Objek Wisata Air Bojongsari” adalah merupakan objek wisata air yang sangat terkenal dan terbesar di Jawa Tengah yang bertaraf nasional bahkan bisa jadi internasional.

Sejarah Singkat
Berawal dari sebuah kolam renang pribadi yang dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946, kemudian diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004 dibeli oleh PEMDA kabupaten Purbalingga yang akhirnya membangunnya sebagai sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 Ha dari sebelumnya yang hanya 1 Ha saja hingga selesai dan diresmikan pada 1 Maret 2005.

Kini, Owabong menjadi tujuan wisata terbesar di Jawa Tengah. Didukung oleh sumber mata air yang berlimpah dari Tuk Cidandang, Cipawon, dan Cikupel. Nikmati kesegaran mata air pegunungan dengan wahana WaterBoom, Pantai Bebas Tsunami, sampai dengan Ember Tumpah. Selain wisata air, disediakan pula wahana seru lainnya seperti Gokart dan Teraphy Ikan.

Keberadaan Owabong adalah sebagai pengembangan kekayaan sumber daya alam di Wilayah Kabupaten Purbalingga yang di sulap menjadi lokasi wisata yang begitu spektakuler untuk ukuran Propinsi Jawa tengah dan banyak mendatangkan pelancong dari luar daerah sekitarnya termasuk provinsi-provinsi yang bertetangga dengannya.

Kolam Olimpic ini diperuntukkan bagi pengunjung selain untuk bermain juga untuk mengasah kemampuan serta keahlian dalam olah raga air. Kolam ini di buat menurut standar internasional dengan ukuran 21 x 50 m2, terdapat didalamnya 8 lintasan, serta memiliki kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.Wisata Indonesia Surga Dunia.

Owabong mempunyai tempat parkir yang luas untuk bis, kendaraan pribadi maupun sepeda motor. Jangan khawatir jika anda lupa membawa perlengkapan berenang untuk dewasa dan anak, di halaman owabong anda bisa temukan para pedagang yang menjajakan perlengkapan berenang seperti baju renang, kacamata berenang, pelampung untuk anak-anak, bahkan ada juga yang menawarkan jasa memompa pelampung dengan tarif terjangkau.

Untuk urusan makan dan minum selepas lelah berenang, di kawasan ini juga banyak kita temukan warung dan penjaja makanan dan minuman. Di dalam kawasan wisata owabong anda juga bisa menikmati makanan khas banyumasan seperti lontong dan mendoan anget. Para pedagang ini tidak berjualan di dalam lokasi wisata, tapi mereka berada di luar tembok lokasi wisata. Jadi kalau ingin membeli makanan, penjual akan menggunakan semacam tongkat kayu yang panjang untuk menyerahkannya.

Water Boom
Ada dua pilihan waterboom, jika anda tidak takut ketinggian silahkan gunakan prosotan yang tinggi. Jika anda gak berani yang tinggi, owabong juga menyediakan water boom yang sedang-sedang saja. Pacu andrenalin Anda dengan menaiki spiral Waterslide dan Torpedo Waterslide dengan ketinggian 13 meter.

Ember Tumpah
Nikmati sensasi ketumpahan air satu ember besar. Siap-siap berteriak keras ketika air sudah memenuhi sebuah ember besar yang digantung pada kedua tiang besi di sisi kolam air.

Wahana Permainan

  • Kolam Olympic
  • Papan luncur, WaterBoom
  • Flying Fox
  • Kolam sesat
  • Pantai Bebas Tsunami
  • Kolam Pesta Air
  • Kolam Akhir
  • Kanal Arus
  • Kolam Terapi Ikan
  • Arena Gokart

Tiket Masuk
Senin – Jumat : Rp 12.000
Sabtu, Minggu dan Tanggal Merah : Rp 20.000
(Anak usia 3 tahun keatas bayar penuh)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>