Taman Ganesha

Taman Ganesha yang dulu bernama Ijzermanpark dibangun pada tahun 1919. Nama Ijzermanpark diberikan karena pada saat itu seorang warga Belanda bernama Ijzjerman memiliki jasa yang cukup besar dalam pendirian Technische Hogeshool-THS (ITB). Maka dibuatlah taman di Jalan Ganesha di depan THS atau ITB dengan nama Ijzjermanpark. Sampai tahun 1950-an patung Ijzerman masih berdiri kokoh di depan jalan masuk Taman Ganesha. Tapi tahun 1960 patung tersebut diganti dengan patung Ganesha.

Di sekitar taman tumbuh pepohonan yang tinggi yang dihuni oleh beraneka ragam burung. Memang, kawasan Jalan Ganesha diperuntukkan bagi konservasi beraneka ragam burung sehingga tidak satu pun burung yang ada diperbolehkan untuk diburu.

Bagi yang ingin berkuda sambil berkeliling taman, di sekitar taman terdapat banyak sekali penyewaan kuda. Bagi anak kecil dapat didampingi oleh sang pemilik kuda, atau bagi yang sudah berani berkuda sendiri dapat melakukannya tanpa didampingi sang pemilik kuda. Bagi keluarga yang ingin beramai-ramai menikmati taman dapat menyewa dokar yang dikendalikan oleh sang pemilik dokar. (sumber : detikbandung/ayowisata)