Pantai Amal

Memang namanya Pantai Amal tapi jangan dibayangkan ini merupakan tempat sosial. Pantai Amal adalah salah satu obyek wisata yang berada di Kecamatan Tarakan Timur, Propinsi Kalimantan Timur. Sebenarnya Pantai Amal sendiri merupakan nama salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tarakan Timur.

Walau tidak berpasir putih, namun Pantai Amal tetap menjadi pilihan obyek wisata yang ramai dikunjungi. Dengan pasirnya yang coklat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa maka akan tampak dengan jelas keindahan alam di pesisir Pantai Amal ini. Saat ini pemerintah Kota Tarakan tengah merencanakan untuk menjadikan Pantai Amal sebagai kawasan mini Ancol di wilayah utara Kalimantan Timur dengan mengadakan perluasan pantai.

Selain menyajikan keindahan alam, ada hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di pantai ini. Pantai Amal mempunyai kuliner khas yang patut kamu cicipi, yaitu kapah. Kapah merupakan sejenis kerang yang hanya terdapat di Pantai Amal dan dapat kamu nikmati dengan paduan sambal khas. Sebagai pencuci mulut tersedia buah terap yang merupakan buah khas Tarakan yang manis, diakhiri dengan segarnya kelapa muda yang akan membuatmu ketagihan. Kamu juga bisa menikmati hidangan khas lainnya seperti udang dan gorengan ala Pantai Amal yang mak nyusss.

Akses ke Pantai Amal

Pantai Amal hanya berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Tarakan dan dapat kamu capai dengan mudah menggunakan kendaaraan umum ataupun pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Berbelanja

Tarakan terkenal sebagai pusatnya produk-produk Malaysia di Kalimantan Timur. Di sini kita bisa menjumpai segala macam produk Malaysia, mulai dari pakaian sampai dengan makanan. Untuk berburu oleh-oleh di Tarakan tidaklah sulit, karena terdapat cukup banyak toko yang bisa Anda datangi. Di antaranya adalah Golden Plaza, Toko Milo, Galaxi, Setia Budi, atau Toko Sinar Terang Bersaudara (STB) yang berada di kawasan Jalan Kusuma Bangsa.

Biasanya yang paling sering diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh adalah coklat, Anda bisa berkunjung ke Toko Milo, tersedia beragam bentuk dan merk coklat yang hampir seluruhnya produksi Malaysia dengan harganya cukup murah. Di sini Anda juga mendapatkan fasilitas khusus yakni pembungkusan gratis yang cantik.

Beberapa oleh-oleh dapat Anda pilih ketika Anda berkunjung ke Tarakan. Salah satunya adalah ikan asin yang dapat Anda jadikan buah tangan untuk sanak saudara Anda. Beberapa pilihan ikan asin seperti ikan asin ikan kakap, ikan gabus, ikan asin senangin dan ikan asin tengiri menjadi primadona. Harga ikan asin sangat bervariasi, tergantung ikan apa yang dijadikan ikan asin tersebut. Untuk ikan asin gabus biasanya Rp20.000,00 – Rp40.000,00 untuk ikan asin tengiri Rp15.000,00 – Rp30.000,00 per bungkus. Berkunjunglah ke kawasan Jalan Yos Sudarso No. 33maka Anda akan menjumpai sebuah toko yang bernama D3nshop yang khusus menjual berbagai macam produk ikan asin.