Pantai Bama

Pantai Bama Di Taman Nasional Baluran. Bila kita berlibur ke pulau Bali melalui jalur darat dari pulau Jawa, kita pasti akan melewati Taman Nasional Baluran ini. Selain dihuni oleh beberapa hewan liar seperti rusa, kijang, kera abu-abu, burung merak, kerbau liar dan ayam hutan, dibalik taman nasional ini juga terdapat objek wisata berupa pantai yang memiliki panorama sangat indah, namanya Pantai Bama.

Berjalan sejauh 3 kilometer dari pos Bekol atau 12 kilometer dari pintu masuk taman nasional Baluran dan melewati jalan berbatu menembus hutan hujan tropis, hamparan pasir putih berselimut laut tenang memanjakan kembali mata dan angan. Begitu juga deretan mangrove berukuran raksasa membentang hijau di sepanjang garis pantai.

Ekosistem alam yang masih terjaga tersebut merupakan pendukung utama hidupnya terumbu karang di sekitar pantai Bama. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling maupun diving untuk menyaksikan keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang menghuninya.

Setelah puas menikmati keindahan pantai dan wisata bawah lautnya, sobat bisa memanjakan diri dengan fasilitas wisata resort Bama. Selain dua cottage, ada cafetaria, permainan, kano, dan perahu beralas kaca. Tak hanya itu, pemandangan matahari terbit yang eksotis menjadi daya tarik Pantai Bama ini.

Untuk menuju ke Pantai Bama dari Kota Surabaya membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Dari Surabaya bisa menempuh jalur pantura menuju ke arah Kabupaten Situbondo. Setelah memasuki kawasan Taman Nasional Baluran, sobat bisa menuju Pantai Bama dari pintu masuk dengan menggunakan mobil atau motor dalam waktu 30 menit. (balibackpacker)