Pantai Cihara

Mau cari pantai yang masih sepi, tapi tidak begitu jauh dari Jakarta? Banten Selatan masih punya pantai seperti itu, namanya Pantai Pasir Putih Cihara. Selain sepi, fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap. Daerah Banten Selatan, sejatinya punya banyak pantai menarik dan tentunya masih banyak yang belum terjamah. Dengan kata lain, pantai-pantainya masih perawan. Pantai Pasir Putih Cihara berada di Banten Selatan.

Oleh masyarakat sekitar, pantai ini disebut Pasput yang merupakan kepanjangan dari Pasir Putih. Pantai Pasir Putih ini berada di Kampung Sukahujan, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara. Dengan kelandaian yang sangat ideal, lalu pada akhir pasir yang berhubungan dengan air laut, terdapat kolam-kolam yang sangat ideal digunakan untuk mandi dan berenang, pada kolam-kolam alami ini. Pengunjung dijamin tidak terbawa oleh ombak besar pantai laut selatan, karna pada ujung kolam terdapat batu alami yang melindungi pengunjung dari kemungkinan terbawa arus laut atau ombak besar pantai selatan.

Pantainya mudah diakses oleh wisatawan, Letak Pantai Pasir Putih ini dapat ditempuh Jika dari Jakarta melalui Jalan Toll Jakarta-Merak, lalu keluar di Toll Timur Serang. Dari kota Serang lalu melalui kota Pandeglang, ke Saketi, lalu ke Malingping dan berakhir di Pantai Pasir Putih. Jarak yang dilalui dari Serang hingga ke Pantai Pasir Putih Cihara sekitar 120 km, menghabiskan waktu sekitar 3-4 Jam. Waktu tempuh yang cukup lama itu, disebabkan pada beberapa ruas antara Saketi – Malingping, kondisi jalan kurang baik. Anda akan melewati pantai ini bila menuju ke Sawarna melalui Serang atau Rangkasbitung.

Alternatif kedua, dari Tanah Abang, mempergunakan Kereta Api ke Rangkas Bitung, dari stasiun Rangkas Bitung ke Terminal Mandala menggunakan angkot, lalu dari terminal Mandala, menggunakan kendaraan elf atau Bus mini ke kota malingping, lalu ke Pantai Pasir Putih. Waktu yang dibutuhkan dari Rangkas Bitung ke Pantai Pasir Putih 2.5 – 3 jam.

Walaupun namanya Pasir Putih, di sini tetap ada karangnya. Walaupun ada pantai karang, ada beberapa titik yang bisa juga digunakan oleh anak-anak untuk sekadar berenang dan bermain pasir. Pantai Pasput ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Di pantai ini juga terdapat sebuah cekungan berbentuk setengah lingkaran yang menjadi lokasi favorit untuk berenang. Pantai Pasput sangat indah dan menjadi tempat yang asyik untuk menikmati sunset bersama keluarga.

Keadaan pantai ini memang cukup nyaman menjadi tempat liburan. Sudah ada banyak warung-warung di pinggir pantai dan fasilitas seperti toilet dan musala. Terdapat pula saung-saung untuk wisatawan bersantai sambil menikmati hembusan angin dan deburan ombak pantai.