Pantai Cijayana

Liburan panjang sudah di depan mata. Jika belum punya tujuan berlibur, kenapa tidak coba datang ke pantai yang ada di Garut, Jawa Barat. Pantai ini pas untuk libur panjang kali ini. Berada di pesisir selatan Pulau Jawa, membuat Garut, Jawa Barat kaya akan wisata pantainya. Untuk libur panjang yang sudah ada di depan mata, kabupaten ini juga tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Jakarta dan Bandung. Bagi Anda yang ingin menikmati libur panjang di akhir pekan ini, tak ada salahnya jika coba menikmati panorama alam Garut.

Pantai Cijayana merupakan salah satu objek wisata pantai di Garut, Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti. Pantai Cijayana ialah lokasi yang menjadi daya tarik wisata bagi orang-orang yang berkunjung ke daerah Garut. Luas kawasan pantai ini lebih kurang 9 hektar dengan konfigurasi umum lahannya yang datar serta memiliki kemiringan landai dengan stabilitas tanah yang sedang. Pantai Cijayana memiliki jenis material tanah yang berpasir halus dengan warna alami putih kecokelatan.

Dari pusat Kota Garut, Cijayana dapat Anda tempuh menggunakan kendaraan bermotor jenis apapun ke arah barat daya dengan jarak sekitar 83,6 km atau sekitar 1 jam 47 menit. Kawasan Garut yang memiliki kontur unik membuat perjalanan akan semakin seru. Anda akan menempuh jalan yang naik-turun dan berkelok. Kadang rute seperti ini bisa membuat Anda merasa mual atau pusing, maka nikmati saja keasrian Garut yang bisa menjadi obat alami.

Beberapa kilometer menjelang pantai, Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik. Spot ini menjadi tempat favorit hampir bagi semua pengujung yang datang untuk menyaksikan pemandangan indah dari ketinggian. Ombak-ombak terlihat cantik berkejaran dari kejauhan. Pasir pantai juga terlihat sangat lembut dari sini. Akan tetapi, mana mungkin puas jika hanya menikmati pemandangannya saja. Lanjutkan perjalanan menuju pintu masuk pantai dan lekaslah parkir kendaraan Anda. Tidak perlu membuang waktu lagi untuk menikmati Pantai Cijayana yang asri.

Anda bisa bermain-main di atas pasir putih kecoklatan yang lembut. Tidak seperti pantai di Garut lainnya, Cijayana memiliki kontur tanah yang landai selebar sekitar 200 meter dan panjang kurang lebih 2.000 meter. Anda bisa bermain voli pantai, layang-layang, dan membuat istana pasir. Ada yang kurang jika datang ke Pantai tanpa basah-basahan. Dengan ombak yang cukup aman, yaitu rata-rata 1 meter, Anda bisa mengajak bermain si buah hati di tepi pantai. Air lautnya juga masih tergolong jernih, jadi karang-karang kecil bisa terlihat dari permukaan.

Pantai ini memiliki danau kecil di lokasi tepi pantainya. Dan kegiatan yang bisa dilakukan di pantai yang masih belum terkelola secara maksimal ini adalah menikmati pemandangan, fotografi, memancing, piknik, berjemur, jalan-jalan, dan bermain di tepi pantai. Bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan alam yang sunyi, sangat tepat untuk berkunjung ke pantai ini menikmati suasana yang masih asri, melihat deburan ombaknya yang sedang, serta mendengarkan dendangan burung-burung kecil yang beterbangan seakan menyambut siapapun yang datang kesini. Pantai Cijayana, karena belum tersentuh banyak tangan dan kaki manusia menjadikannya memiliki tingkat keeksotisan dan eksklusifitas tersendiri yang kurang bisa disamai oleh lokasi wisata lain khususnya di sekitar Garut. (berbagai sumber)