Pantai Dato Majene

Negara ini memang terkenal banyak memiliki keindahan alam, baik laut, pegunungan, dan pantai. Jika anda berlibur ke Sulawesi Barat, Anda dapat menemukan sebuah pantai yang indah, Dato Majene namanya. Tak heran jika banyak wisatawan yang berlibur ke pantai ini.

Pantai Dato Majene berada di Pangale, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Pantai dan laut memang menjadi andalan bagi pariwisata dan perekonomian di daerah tersebut. Keindahannya masih sangat alami meskipun wisatawan banyak berdatangan pada hari libur ataupun saat akhir pekan tiba.

Di Pantai Dato Majene, Anda dapat menemukan dua sensasi berbeda. Sungguh unik, di satu sisi Pantai Dato Majenen memiliki pantai putih yang sangat halus. Namun di sisi lain, pantai ini memiliki karang yang indah. Ingin menikmati pemandangan pantai dari atas? Tentu bisa, di sini ada sebuah karang besar yang dapat Anda naiki dengan bantuan tangga yang memang sengaja disediakan.

Air laut Pantai Dato Majene yang begitu jernih membuat Anda dapat melihat ikan kecil berwarna-warni berenang di antara karang dengan mata telanjang. Di atas bukit yang ada di pinggir Pantai Dato juga menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang ingin menikmati saat-saat matahari terbenam.

Setiap tahun, biasanya pada Agustus sampai September, terdapat perhelatan khusus di Pantai Majene, yaitu Sandeq Race. Sandeq Race adalah ajang balap perahu sandeq atau perahu tradisional khas Suku Mandar. Pemandangan ini tentu akan menyuguhkan pengalaman dan pemandangan berbeda bagi wisatawan mengingat nilai budaya lokal menunjukkan keistimewaannya.

Kondisi jalan yang mulus memudahkan Anda untuk mencapai pantai ini, baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pemandangan kebun warga dapat Anda nikmati di sepanjang perjalanan yang memerlukan waktu hanya 15 meit dari Kota Majene.

Untuk berburu oleh-oleh khas Majene, ada beberapa sentra industri kerajinan yang bisa menjadi sasaran. Apabila ingin mencari tenun sutera khas Mandar, Anda bisa menyambangi rumah-rumah di Desa Bonde dan Kelurahan Barudahduah. (okezone)