Pantai Karapyak

Ada satu tempat yang tak kalah memiliki keindahan pantai dan panorama alam yang indah. Lokasinya berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang. Tempat yang dimaksud adalah Pantai Karapyak. Untuk menuju Pantai Karapyak, memang cukup jauh dari Jalan Kalipucang-Pangandaran. Tepatnya di persimpangan Desa Emplak jika dari arah Kalipucang, yakni belok kiri. Dari sana, perjalanan menuju pantai berjarak sekitar 10 kilometer.

Pantai Karapyak adalah salah satu lokasi pesisir pantai selatan yang berada di Kabupaten Ciamis selatan, yang berbatasan dengan wilayah provinsi Jawa Tengah. Ini adalah salah satu obyek wisata yang terhitung msih perawan dan asri. apa sebabnya aku mengatakan hal seperti itu, karena tempat itu sangat sejuk, angin semilir dari tengah laut sana, di pinggiran pantai tersebut masih banyak pohon pohon yang rindang. Cocok sekali buat kita dan sekeluarga beristirahat dengan santai. Teman teman perlu kita ketahui bahwa wisata pantai karapyak itu berada di Desa Bagolo kecamatan Kalipucang, kurang lebih 7 KM dari desa Emplak.

Akan tetapi, perjalanan yang jauh dengan jalan yang sebagian masih rusak terbayar dengan keindahan Pantai Karapyak. Objek wisata Pantai Karapyak memang belum seramai di Pantai Pangandaran atau Pantai Batukaras. Namun, hamparan batu karang yang ada di sana dan pasir pantai yang putih menjadi keindahan tersendiri.

Wisatawan yang datang ke sana pun tidak seramai di tempat lain. Namun, fasilitas di Pantai Karapyak sudah cukup. Seperti pondokan atau tempat penginapan, tempat makan, dan warung serta pos keselamatan pun sudah ada. Dari Pantai tersebut, kita dapat melihat cagar alam di Pantai Pangandaran. Juga Pulau Nusakambangan, di Jawa Tengah.

Untuk menikmati keindahan alam di Pantai Pangandaran, pengunjung hanya diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.550 setiap orangnya. Kemudian sepeda motor Rp 6.100, kendaraan jenis minibus Rp 27.500, dan kendaraan minibus jenis besar Rp 40.250. Selanjutnya bus kecil Rp 53.500, bus sedang Rp 79.000, dan besar Rp 130.000.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata, Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usha Mikro Kecil, Menengah (UMKM) Kabupaten Pangandaran Suheryana, Pantai Karapyak memang menjadi unggulan dalam potensi pariwisata Kabupaten Pangandaran. Bahkan, pada libur Idulfitri 1434 Hijiriah, 7 Agustus hingga 18 Agustus, Pendapatan Asil Daerah (PAD) pariwisata dari Pantai Karapyak hasilnya luar biasa.

Obyek wisata pantai karapyak ini resmi di buka oleh PEMDA Ciamis pada tahun 2010, tetapi walaupun dengan sarana dan prasarana seadanya sekarang ini, obyek wisata ini tetap menjadi Obyek Wisata Pilihan yang ada di Kab Ciamis. Pantai Karapyak merupakan bagian dari pantai Laut Selatan Jawa yang menawarkan panorama alam yang indah dan sangat menarik. Dengan pantai yang masih perawan, Anda dapat bersantai sambil melakukan kegiatan rekreasi seperti memancing, berkemah dan menikmati keindahan alam sambil berburu ikan kecil dan keong laut yang dapat ditemukan di sekitar batu karang dengan suasana privasi yang tinggi.