Pantai Keramat

Dari nama pantai ini, tentulah membuat sebagian orang penasaran dengan pantai ini. Betapa tidak dari kalimat “keramat” membuat orang penasaran tentunya. walau pun nama pantai ini terkesan menyeramkan. Namanya memang Pantai Keramat namun tidak ada nuansa menyeramkan di lokasi obyek wisata yang satu ini.

Obyek wisata yang terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung ini justru menyuguhkan keindahan alam pantai yang hampir sama dengan keindahan alam pantai lainnya yang berada di Pulau Belitung.

Kebanyakan pantai di Pulau Belitung memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, kontur pantai yang landai dan ombak yang kecil. Begitu pula dengan Pantai Keramat ini juga memilki hal sama. Keadaan alam di lokasi pantai ini masih alami karena belum terjamah oleh banyak tangan jahil dan belum dikelola oleh pemerintah setempat. Pantai ini cocok untuk berenang maupun memancing.

Pantai ini dinamakan Pantai Keramat karena di jarak sepuluh meter dari bibir pantai ini terdapat gugusan batu yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Dahulu warga sekitar sering mengadakan berbagai acara ritual di gugusan batu ini. Gugusan batu ini pun oleh warga sekitar disebut dengan nama Batu Keramat. Keberadaan pantai yang berada di dekat Batu Keramat ini menjadikan pantainya dikenal dengan nama Pantai Keramat.

Untuk memasuki wilayah pantai ini tidak dikenakan biaya retribusi karena pantai ini memang belum dikelola oleh pemerintah setempat. Walaupun begitu, fasilitas kamar mandi di Pantai Keramat sudah tersedia. Beberapa penjual makanan dan minuman pun bisa dijumpai di sekitar pantai ini.

Akses ke Pantai Keramat

Lokasi pantai ini berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Berlitung Timur. jika anda dari Bandara H.S Hananjoedin atau Kota Tanjung pandan jarak nya sekitar 80 KM. akses menuju tempat ini dapat ditempuh dengan menyewa ojek yang ada di pusat kota Belitung timur/ Manggar. Dengan biaya Rp. 5.000 s/d 10.000/ orang. Jika kita dari pusat kota Tanjungpandan untuk menuju Pantai ini, harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp.350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam. (berbagai sumber)