Pantai Kubu

Duduk santai di dermaga kayu menghadap birunya lautan sambil memancing dan mengamati hilir mudik ikan di air yang jernih lalu wajah Anda diterpa hembusan angin laut adalah salah satu kebahagiaan sederhana yang tak dapat dibeli dengan uang. Hal berarti semacam ini dapat Anda rasakan di Pantai Kubu yang terletak di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Pantai nan cantik ini berjarak sekira 30 km dari Pangkalan Bun, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat.  Pangkalan Bun sendiri dijuluki sebagai “Kota Manis”, sebutan yang berasal dari singkatan sebuah slogan, yaitu: Minat, Aman, Nikmat, Indah, dan Segar.

Sebelum atau setelah lelah berpetualang menjelajahi liarnya hutan tropis dan menyaksikan keanggunan orangutan serta bekantan bergelantungan pada dahan pepohonan di Taman Nasional Tanjung Puting dan atau di Suaka Margasatwa Sungai Lamandau, Anda dapat sejenak menikmati sisi lain alam Kalimantan dengan mengunjungi pantainya yang tenang dan manis. Masih berada di kabupaten yang sama dengan dua hutan konservasi tersebut, Pantai Kubu dikenal sebagai kawasan wisata transit wisatawan yang berniat menjelajahi kemegahan hutan tropis Kalimantan yang merupakan paru-paru dunia.

Termasuk sebagai kawasan pantai yang landai, Pantai Kubu adalah salah satu tujuan wisata pantai yang dikelola sebagai kawasan wisata komersil oleh pemerintah daerah setempat. Berbagai fasilitas dibangun guna menunjang kondisi pantai ini, meskipun usaha tersebut belum terlalu maksimal. Keberadaan anjungan yang letaknya mencapai 300 meter dari bibir pantai adalah salah satu bentuk upaya tersebut dan merupakan salah satu daya tarik utama di pantai ini. Anjungan yang terbuat dari kayu ulin tersebut sungguh tempat yang asyik untuk bersantai sambil menikmati keindahan pesona bahari.Akan tetapi, sayangnya, beberapa waktu yang lalu anjungan ini sempat dibakar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan masih belum dibangun lagi.

Selain dapat menikmati keindahan laut di dermaga kayu, Anda dapat juga bersantai di pondok-pondok yang dibangun di tepi pantai. Hal menarik lainnya yang dapat Anda nikmati di lokasi sekitar Pantai Kubu adalah tersedianya warung-warung yang menjual makanan khas laut (seafood). Tentu saja ikan dan makanan khas laut lainnya yang dijual masih terbilang segar sebab dibeli langsung dari nelayan. Pada pagi menjelang siang hari, Anda dapat melihat para nelayan menangkap ikan di lepas Pantai Kubu. Anda bahkan dapat memancing ikan sambil duduk di sepanjang kayu ulin yang menuju tengah laut. Sementara untuk minumannya, air kelapa muda yang disajikan lengkap dengan butir kelapa utuh adalah pilihan minuman khas pantai yang tak boleh dilewatkan.

Pantai Kubu adalah pantai yang menghadap Laut Jawa dan merupakan salah satu pantai kebanggaan masyarakat sekitar. Saat tahun baru, pantai ini akan dipadati pengunjung terutama masyarakat lokal yang ingin menyaksikan keindahan pesta kembang api atau sekedar berbaur dengan keramaian pengunjung yang menanti pergantian tahun.

Transportasi

Pantai Kubu terletak di selatan Pangkalan Bun, tepatnya berada di Desa Kubu, Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat. Pangkalan Bun-Pantai Kubu dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam perjalanan air. Kondisi jalan menuju Pantai Kubu (sekira 30 km dari Pangkalan Bun) relatif baik, hanya saja Anda sebaiknya menggunakan mobil pribadi atau sewaan jika hendak ke sana. Pasalnya, tidak ada angkutan umum khusus untuk mencapai jalur ini. Biaya sewa kendaraan adalah kurang lebih Rp200.000,-. Sementara untuk jalur transportasi menuju Pangkalan Bun, untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihatnya di sini. Bagi Anda yang berasal dariSemarang atau Surabaya, Anda dapat naik kapal laut menuju Pelabuhan Kumai. (indonesiatravel)