Pantai Lahunduru

Buton menyimpan wisata bahari yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pantai dan bawah laut di sana, cantiknya juara. Pantai Lahunduru di Desa Wabula misalnya. Selain cantik, pantai ini juga dihuni ribuan keong.

Pantai-Lahunduru2Di kebanyakan pantai, yang tersisa dari keong hanya cangkangnya. Tapi tidak dengan pantai yang satu ini. Di Pantai Lahunduru, ribuan keong mondar-mandir. Seperti kerajaan keong, tepian pantai penuh dengan keong yang jalan ke sana, ke mari.

Pasir putihnya ditumbuhi rumput dan ganggang laut sisa air laut pasang pagi hari. Pantai Lahunduru bakal jadi destinasi wisata andalan dari Desa Wabula, Buton, Sulawesi Tenggara karena sedang dikembangkan. Namun sekarang, pantai itu masih sangat sepi dan terbilang perawan karena belum banyak yang melancong ke sana kecuali warga lokal.

Pantai di sepanjang Desa Wabula terkenal memiliki ombak yang tenang. Ini tembok alami dari karang yang jadi pemecah ombak di 1 km dari bibir pantai. Berenang di sini, terlebih pada sore hari, jadi kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Namun ada yang harus diperhatikan wisatawan, yaitu keong. Kebanyakan keong ini cukup kecil, hanya sekitar sebesar kuku jari tangan saja. Keong-keong ini menyebar di seluruh tepian pantai. Ada baiknya Anda memperhatikan langkah saat melancong ke sana. Selamat bermain dengan hewan mungil bercangkang ini ! (detik)