Pantai Nampu

Tak hanya Bali atau Lombok, Wonogiri di Jawa Tengah juga punya pantai berpasir putih. Ada hamparan pasir, bebatuan karang, dan lautan biru di pantai ini. Pantai Nampu juga belum banyak dikunjungi traveler sehingga masih bersih.

pantai1Wonogiri di Jawa Tengah punya pemandangan cantik mulai dari gunung hingga pantai. Bagi traveler pecinta pantai, cobalah datang ke Pantai Nampu. Ini adalah sebuah gugusan pantai pasir putih yang tergolong masih perawan, karena keindahan yang belum banyak terjamah manusia. Pantai Nampu terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri ke Pantai Nampu sekitar 70 km atau butuh sekitar 2 jam untuk tiba di sana.

Deburan ombak yang beradu dengan karang-karang putih, menjadi salah satu titik keindahan yang dimiliki pantai ini. Pantai Nampu memiliki sekitar 3 titik pantai yang dipisahkan oleh gundukan daratan hijau.

Selain pantai berpasir putih, Nampu juga menawarkan sebuah keindahan dan kealamian yang belum tercemar oleh polusi. Sebuah maha karya Tuhan di ujung selatan Wonogiri.

Rute perjalanan dapat Anda tempuh dari Kecamatan Ngadirojo-Kecamatan Baturetno-Giriwoyo-Giri Tontro-Perempatan Giri Belah-Paranggupito. Jika Ada dari Surakarta dapat mengambil jalur Kota Wonogiri ke Paranggupito, kemudian akan sampai di perempatan Giri Belah dan diteruskan ke Kecamatan Paranggupito.

Pantai Nampu yang belum dipegang oleh pemda setempat, sampai sekarang masih tetap menjadi tanggungan warga sekitar pantai untuk menuai pendapatan. Jika Anda datang pada hari-hari kerja, kemungkinan besar akan mendapatkan Pantai Nampu dalam keadaan sepi dan seperti pantai milik pribadi.

Pantai Nampu masih tergolong perawan, jika dibanding dengan Pantai Parangtritis, Krakal, Baron, dan lain-lain. Potensi wisata di sini sungguh luar biasa. Walaupun berada di pelosok yang jauh dari hiruk pikuk kota, namun jalanan menuju pantai ini sudah sangat baik dan nyaman untuk dilalui. Baiknya, Anda menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan belum ada angkutan umum yang lewat sini.

Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan khas bebatuan karst dan bukit-bukit hijau dengan tumbuhan yang menyejuk hati dan mata. Udara begitu bersih dan menyegarkan, menjadi panorama tambahan bagi Anda sebelum mencicipi bibir lautan selatan milik Wonogiri.

Tiket masuk pantai hanya Rp 2.000 dan ditambah dengan uang untuk parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 saja. Sangat murah sekali, jika kita bandingkan dengan keindahan pantai di depan mata.

Anda bisa berenang sepuasnya di Pantai Nampu. Tapi ingat, Anda harus berhati-hati karena arus lautan selatan Jawa yang terkenal kencang di sini. Ditambah tidak adanya petugas pantai, maka Anda harus ekstra waspada saat berenang.

Es kelapa muda menjadi pelepas dahaga setelah bermain di pantai. Penduduk setempatlah yang menjual minuman ini, buahnya diambil langsung dari pohon. Selain itu, mereka hanya menjajakan mie sebagai menu utama.

Kurang cukup sehari? Silakan mendirikan tenda untuk kemping di bukit-bukit sekitar pantai. Siap-siap dibius suasana malam Pantai Nampu dengan lampu dari perahu nelayan yang kerlap-kerlip di atas lautan. Pantai Nampu cocok untuk menjadi destinasi akhir pekan Anda. Sunset dan sunrise pun terlihat jelas dari pantai ini. Silakan mampir ke Pantai Nampu dan buktikan sendiri keindahannya.