Pantai Ngurtafur

Timur Indonesia menyimpan sejuta keindahan bahari, dengan pantai-pantainya yang mempesona. Ditambah lagi pantai-pantai ini berkesan misterius karena tidak sepopuler pantai-pantai di Jawa atau Bali. Salah satu ‘surga’ pantai indah di timur Indonesia berada di Provinsi Maluku. Maluku punya banyak pantai cantik, tapi ada satu pantai yang unik, yaitu Pantai Ngurtafur.

Pantai Ngurtafur berada di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Kepulauan Kei berada di antara Laut Seram, Laut Banda, dan Laut ArafuruLayaknya pantai-pantai di timur, Pantai Ngurtafur memiliki pasir putih yang indah dan laut biru jernih mempesona.

Uniknya, Pantai Ngurtafur memiliki pantai gosong yang menjorok atau memanjang ke tengah lautan tanpa putus sepanjang 2 km dan lebar 7 meter. Jadi, ketika berada di pantai tersebut, Anda serasa berjalan di tengah lautan luas meski sesungguhnya Anda sedang berjalan di atas hamparan pasir yang membelah pantai.

Di pantai ini juga terdapat penyu belimbing yang dikenal diberi nama tabob oleh masyarakat setempat. Penyu jenis ini dilindungi dan memiliki penangkaran di sekitar pantai yang dikelola oleh WWF. Bahkan, jika beruntung Anda bisa bertemu dengan segerombolan burung australian pelikan yang sedang bermigrasi ke Maluku dari tempat tinggal mereka di Australia dan Papua New Guinea. Pemandangan sekawanan burung pelikan ini merupakan suguhan istimewa ketika Anda menapakkan kaki di Pantai Ngurtafur.

Keunikan Pantai Ngurtafur ini tidak bisa didapatkan dengan mudah. Dari Ibu Kota Maluku, Ambon, Anda harus melakukan penerbangan ke Bandara Dumatubun Langgur selama 1,5 jam. Kemudian dari Langgur Anda menuju Tual untuk naik kapal menuju Ngurtafur selama sekira satu setengah jam. (okezone)