Pantai Pintu Kota

Ambon tidak hanya terkenal dengan kultur masyarakatnya yang ramah dan menyukai keramaian. Tetapi ambon juga banyak menyimpan keindahan laut. Salah satunya adalah pantai pintu kota, salah satu pantai kebanggaan kota ambon bisa dikatakan ini adalah salah satu landmarknya kota ambon.

Pantai pintu kota sekilas tidak berbeda jauh dengan pantai-pantai kebanyakan tetapi yang membuat pantai ini istimewa adalah adanya lubang berbentuk persegi panjang yang lumayan agak besar sehingga kita bisa melihat pemandangan pantai dari lubang tersebut. Lokasi obyek wisata Pintu Kota terletak di Desa Air Louw dan berbatasan langsung dengan Desa seri, Kecamatan Nusaniwe, Ambon.

Pasti Anda akan takjub menikmati sepoinya angin berhembus yang segar dari tebing yang akan menyapu wajah anda. Sebelum anda menuruni anak tangga yang disusun begitu menarik mengatar anda menuju area pantai yang berwarna biru nan jernih di pantai ini. Jarak tebing ke pantai sekitar 10 menit berjalan kaki, sambil menikmati bentangan karang dan mangrove serta pohon kelapa yang menghiasi tepi-tepi pantai pasti akan membuat anda terkagum-kagum memandangnya.

Pemandangan di sekitar pantai tak kalah indahnya dengan bebatuan karang dan angin yang sepoi-sepoi membuat kita betah berlama-lama berada di pantai ini. karena keindahanya tak jarang pantai ini sering menjadi tempat favorit untuk pemotretan preweding ataupun untuk sampul majalah dan artikel pariwisata. Tak salah jika ambon mempunyai julukan ambon manise karena memang benar pantai pintu kota juga tak kalah manisnya.

Pintu Kota, pantai ini menyimpan keunikan tersendiri yaitu terdapat lubang besar yang menerobos tebing karang, sampai tembus di kedua sisinya. Pada bagian karang yang berlubang tersebut apabila kita berdiri di pinggir pantai, maka kita dapat melihat laut secara langsung melalui lubang tersebut. Pantai Pintu Kota berbentuk teluk merupakan jenis pantai berkarang dan berbatu. Bagian bibir pantai yang berpasir hanya sedikit saja. Pantai ini terkenal dengan bebatuan karang yang besar dan pantai pasir hitam.

Pantai Pintu kota Terletak di Desa Latuhalat, Ambon. Sekitar 30 menit dari pusat kota Ambon. Jika ingin ke Pantai Pintu Kota akan lebih menyenangkan menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga kepuasan menikmati semua yang anda di Pintu Kota akan anda dapatkan semuanya.

Ada 2 moda transportasi darat yang bisa anda gunakan untuk mencapai lokasi. Pertama menggunakan angkutan umum dengan jurusan Air Louw dengan biaya sebesar Rp 3000,- sekali perjalanan. Kedua, menggunkan kendaraan pribadi atau rental mobil di tempat penyewaan mobil terdekat. Pengunjung dapat langsung menuju ke lokasi ini karena fasilitas jalan yang cukup memadai. Biaya masuk pengunjung : Rp 1.000,- Biaya masuk kendaraan  : Rp 3.000,- ( roda dua ) dan Rp 5.000,- (roda empat).

Shelter (tempat berteduh) disediakan bagi para pengunjung obyek wisata Pantai Pintu Kota. Ada delapan unit Shelter yang disediakan di tempat ini. Shelter yang dibangun ini berlokasi pada dataran atas perbukitan, sehingga sangat strategis bagi para pengunjung yang duduk santai sambil menikmati indahnya Lautan Banda.

Makanan Ringan, pengunjung dapat menikmati jajanan yang dijual oleh masyarakat sekitar seperti rujak, gorengan dan ikan laut yang menjadi jajanan andalan di tempat ini. Jangan takut untuk kehabisan uang karena jajanan di tempat ini terjangkau bagi semua kalangan. Lahan parkir yang memadai. Lokasi ini menyediakan areal parkir yang cukup luas dan cukup untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak.