Pantai Sendang Biru

Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantai-pantai mempesona yang dimiliki. Bila Anda berkunjung ke propinsi Jawa Timur, sempatkanlah untuk berkunjung ke pantai Sendang Biru. Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata yang memikat hati di kota Malang.

Nama Sendang Biru berasal dari bahasa Jawa, yaitu yang berarti sumber air yang berwarna biru. Pantai ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang. Persis terletak di seberang Pulau Sempu. Pemandangannya yang sangat indah, pasir putih dan air laut yang biru jernih menambah daya tarik di pantai ini

Pantai Sendang Biru berlokasi di selatan wilayah kabupaten Malang. Rute perjalanan ke lokasi wisata ini tidak terlalu sulit, sebab jalanannya sudah diaspal semuanya. Di kala kendaraan melaju, para wisatawan bisa menikmati hijaunya hutan yang ada di Malang Selatan. Jalan yang berbukit dan penuh kelokan akan membuat petualangan menuju pantai Sendang Biru menjadi menarik dan menantang.

Kelebihan Pantai Sendang Biru

Berikut ini beberapa pesona dan fasilitas yang dapat dinikmati para penikmat wisata di pantai Sendang Biru antara lain:

1. Pasir putih dan ombak biru

Salah satu potensi besar yang dimiliki oleh Sendang Biru ialah pasir pantainya yang putih, anak-anak dapat bermain di pinggiran pantai dengan riang. Sedangkan orang tua akan menikmati keindahan pantai dan birunya air laut. Di lokasi wisata ini telah berdiri banyak warung makan dan kios untuk berbelanja. Jadi tidak perlu khawatir bila membawa bekal sedikit dari rumah.

2. Menaiki sampan atau perahu

Setelah lelah bermain pasir dan berenang di pantai, kegiatan selanjutnya yang paling menarik yaitu berkeliling di pantai dengan menaiki perahu. Di sepanjang pantai ini telah disediakan perahu sewa oleh para nelayan, khusus untuk penumpang wisatawan.

3. Memancing

Siapa yang tidak suka memancing? Bahkan anak-anak pun pasti akan menyenangi aktivitas menangkap ikan dengan kail ini. Memancing di Sendang Biru dapat dilakukan dengan naik perahu atau memancing di pinggiran pantai. Siapkan alat pancing yang memadai untuk ukuran ikan laut, sebab bila pancing terlalu kecil akan menyulitkan bilamana ada ikan besar melahap umpan.

4. Berkemah dan berpetualang di pulau Sempu

Sebagian besar para pemuda dan pemudi yang pergi ke Sendang Biru berencana untuk berkemah di Pulau Sempu. Pulau ini berlokasi tepat di seberang pantai Sendang Biru, jadi butuh perahu untuk sampai di sana. Umumnya harga sewa kapal sekitar 50 ribu hingga 80 ribu, tergantung kepintaran nego harga dari pihak pelancong.

Namun bagi yang berangkat sekeluarga, agenda untuk menginap di Pulau Sempu akan sulit diwujudkan. Oleh karena rute untuk sampai ke tempat perkemahan sangat sulit dan lumayan jauh. Dan perjalanan itu harus ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri hutan alami.