Pantai Terbaya

Lampung tak hanya terkenal dengan Gajah atau Teluk Kiluan. Ada juga pantai-pantai cantik yang pas untuk dijadikan destinasi liburan. Coba datang ke Pantai Terbaya, masih asri dan cantik.

Menikmati wisata alam pegunungan di Pantai Terbaya yang terletak di Kota Agung terasa begitu mengasyikan. Kota Agung merupakan ibukota Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kota kecil ini merupakan kota lama terletak di kaki Gunung Tanggamus dan di tepi utara Teluk Semangka. Dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 3 jam dengan menggunakan bus AC dari Kabupaten Pesawaran, Lampung, Anda dapat singgah di Pantai Terbaya.

Pantai ini terkenal bersih dan panorama alam yang menyejukan mata. Pantai Terbaya adalah salah satu objek wisata terkenal selain Gisting & Kawasan Batu Keramat, serta air terjun Way Lalaan sebagai peninggalaan kolonia Belanda.

Objek wisata ini berada di sisi kiri jalan, 3 kilometer menjelang pusat kota Kota Agung dan dari arah Bandar Lampung adalah obyek wisata-bahari yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan dan akhir pekan. Posisi jalan raya dan pintu masuk lokasi berada pada ketinggian sekitar 25 mdpl.

Pantai-Terbaya2Situasi ini memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan yang luas ke arah Teluk Semangka serta pantai berpasir yang rentangnya seolah tak bertepi di kedua ujungnya. Di jalan menurun menuju pantai, terdapat sumber mata air jernih yang dapat digunakan untuk cuci serta bilas. Pengelolaan pantai yang masih belum tersentuh peralatan modern serta tradisi masyarakatnya yang masih terjaga baik, menjadikan tempat ini tampak asli alami. Pemandangan alam dan Teluk serta Pasir pantai yang bersih merupakan daya tarik pantai ini. Berwisata di pulau tropis, lengkap dengan panorama pasir putih dan jernihnya laut, dengan harga yang terjangkau dapat Anda nikmati di sini.

Atraksi wisata yang dapat dinikmati dengan berperahu, memancing dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim cukup sejuk. Sejauh mata memandang, kapal-kapal tanker raksasa dan kapal nelayan serta pelabuhan laut Kota Agung terhampar luas. Di pinggir-pinggir pantai berjajar pohon-pohon kelapa.

Cukup dengan berenang atau duduk santai sambil minum kelapa muda di pinggir pantai pulau ini rasa-rasanya cukup menghilangkan penat atau stres akibat rutinitas kerja. Jika punya kocek lebih, pengunjung bisa memicu adrenalin dengan menyewa perahu sebesar Rp 120.000 per perahu sekali perjalanan.

Banyak pengunjung baik warga setempat atau pendatang memancing di pantai ini dengan dengan berjalan ke tengah laut. Merekapun dapat langsung menikmati hasilnya dengan memanggang hasil pancingan mereka.

Hmm, manis dan segar tentu ikan yang baru dipanggang dan dimakan bersama teman dan sanak saudara. Sungguh benar-benar jauh dari hiruk pikuk kota yang dapat menyegarkan jiwa dan pikiran. Pantai Terbaya bisa menjadi salah satu referensi dalam mengekplorasi indahnya panorama alam di Lampung.