Pantai Timang

Pesona Pantai di Jogja ada di Gunung Kidul, karena dari tipikal pantai yang dikelilingi bukit, pantai gunung kidul juga lebih banyak memiliki pasir yang Indah dibandingkan pantai-pantai lain di deretan pantai Bantul dan Kulon Progo. Di daerah Gunung Kidul, sebuah pantai yang cukup unik, karena pantai ini hanyalah tebih dengan deburan ombak di karang. Dan yang menjadi menarik lagi adalah adanya pulau batu yang banyak waletnya dengan dihubungkan oleh Gantole sederhana dari tali tambang dan kayu.

Pantai Timang atau biasa disebut juga Pulau Timang, berada di Daerah Tepus Gunung Kidul, Tepatnya di samping Pantai Siung, dimana jika ditempuh dari kota Jogja bisa menghabiskan waktu sekitar 1,5 s.d 2 jam perjalanan motor. Medan jalan dibagi menjadi dua, dari Jogja sampai Jalan ke Pantai Siung memiliki medan beraspal dengan lebar jalan yang bervariasi, hal ini memudahkan pengunjung untuk kesana, tetapi masih ada jalan masuk dengan medan jalan cor sekitar 1 km dan jalan berbatu (tumpukan batu) sejauh 2 km (kurang lebih). Perlu diwaspadai saat meliwati jalan bebatuan, karen ada beberapa yang berupa tanjakan dan turunan yang cukup tajam, mengharuskan pengguna jalan ekstra hati-hati apalagi jika habis hujan pasti akan lebih licin.

Sesampai di Pantai Timang, motor diparkirkan di jalan paling ujung, tidak ada tempat parkir khusus disana, karena memang daerah ini belum dikelola sama sekali oleh pemerintah maupun swasta. Daerah ini hanya menjadi tempat tambang sarang walet oleh masyarakat sekitar. Karena tidak ada tempat parkir khusus, maka diwajibkan untuk memiliki pengaman ekstra untuk kendaraan dan barang bawaan yang ditinggal. Dari tempat parkir naik ke bukit, sampai ketemu tebing jurang berupa batu karang besar, dan kita tepat diatasnya.

Di bibir pantai itu kita bisa bermain Gantole, ini khusus yang berani dan mau mengambil resiko aja, karena gantole nya memang sangat sederhana, dibuat dengan sistem katrol untuk dinaiki perorangan, dengan memakai tambang yang berdiameter sekitar 2-3 cm dan tempatnya dari kayu biasa, tapi dijamin kokoh.

Ombak yang besar terkadang mengenai kita sampai atas tebing, suasana yang begitu menegangkan jika kita melihat kebawah sebuah karang terlihat jelas digempur ombak. Pemandangan sore dari tempat ini cukup bagus, karena pantainya yang  lebih menjorok keselatan, jadi bisa melihat sunset di atas laut.