Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah salah satu pantai di kawasan Bintan Timur. Ada beberapa bagian di pantai ini, Trikora 1 sampai Trikora 4. Biasanya wisatawan menghabiskan waktu liburannya di Trikora 4, dimana bisa menikmati suasana pantai yang bersih dengan pemandangan batu-batu koral yang besar-besar. Pantai trikora merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Bintan. Pasirnya yang putih dan ketenangan ombaknya, menjadikannya sebagai salah satu tujuan bagi mereka yang pelesiran ke Bintan.

Pantai Trikora ini terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, sekitar 45 kilometer arah timur Kota Tanjungpinang.  Pemandangan di pantai Trikora ini begitu indah. Di sepanjang pantai yang memiliki garis pantai sepanjang  25 kilometer ini, ditumbuhi ribuan pohon kelapa dan pohon – pohon lainnya seperti pohon bakau dipadu dengan pasir pantainya yang putih bersih. Ditambah lagi terdapat batu – batu besar di pantai menambah keindahan pantai ini. Batu-batu itu sering dimanfaatkan oleh pengunjung pantai untuk berjemur atau memancing.

Bagaimanapun, pantai Trikora benar-benar pantai yang bagus. Selain bersih, airnya bening dan fasilitasnya cukup, Fasilitas di kawasan pantai ini antara lain, terdapat kedai-kedai penjual makanan dan minuman yang menjual berbagai jenis makanan seperti mie rebus sampai ikan bakar. Serta terdapat pondok-pondok peristirahatan dengan tarif 30.000 rupiah sepuasnya. Menatap ke tengah laut, terlihat kelong yang terbuat dari kayu dengan atap daun rumbia untuk alat menangkap ikan yang digunakan warga setempat.

Untuk dapat mencapai lokasi pantai Trikora, dari Kota Tanjungpinang relatif mudah karena kondisi jalannya relatif mulus (sudah di aspal). Sebagai catatan, tidak ada angkutan umum yang melayani rute ke Pantai Trikora. Jadi, apabila hendak ke pantai ini, dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan.

Pantai Trikora sebenarnya dapat menjadi obyek wisata alternatif yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan Pantai Bintan Resort yang menjadi kawasan wisata berkelas internasional di Lagoi, Kecamatan Bintan Utara (sekitar 40 kilometer dari pantai Trikora). Namun karena pengelolaannya masih bersifat “tradisional”, maka pantai Trikora sampai saat ini hanya dikunjungi oleh orang-orang yang berasal dari Pulau Bintan dan sekitarnya saja.

Sumber : wisatakuindo