Pulau Bulu Poloe

Daerah kaya nikel ini memiliki potensi wisata alam yang mulai menjadi incaran wisatawan asing. Salah satu tempat yang paling berpotensi menjadi ikon pariwisata Kabupaten Luwu Timur adalah Pulau Bulu Poloe. Pulau ini diberi nama Bulu Poloe terletak di Teluk Bone termasuk wilayah Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam bahasa setempat, Bulu Poloe berarti ” gunung patah” , dan mempunyai kisah lagenda tersendiri.

p2Pulau Bulu Poloe merupakan pulau yang indah. Hamparan pantai berpasir putih dan terumbu karang  sangat menawan. bagi yang mengemari snorkling maupun diving. Dari puncak bukit dapat menikmati keindahan panorama laut Teluk Bone. Spot memancing juga terdapat dipulau ini, dengan beragam jenis ikan, seperti Kaneke (Ikan Baramundi), Sunu (Ikan Kerapu), Warre-warre (Ikan Ekor Kuning), Sille-sille (Ikan Garis Guning) dan Kulli-kulli (Ikan Kuwe) di Perairan dekat karang wilayah Selat Pulau Bulu Poloe.

Potensi wisata Bulu Poloe bukan sekadar pasir putihnya yang membentang mengelilingi pulau, tetapi juga menawarkan wisata bawah laut. Terumbu karang dan biota bawah lautnya yang indah dan belum tereksploitasi membuat kunjungan ke pulau berpasir putih ini lebih komplet.

p3Bulu Poloe dapat dijangkau dari Kota Makassar dengan perjalanan darat sekitar 8-10 jam ke Malili, ibukota Kabupaten Luwu Timur. Tiba di Malili, perjalanan dilanjutkan melalui jalur laut ke Pulau Bulu Poloe menggunakan perahu. Transportasi ke pulau tersedia di Pelabuhan Balantang, Malili. Perjalanan dari Malili ke Pulau Bulu Poloe membutuhkan waktu sekitar dua jam. Rute laut menuju Pulau Bulu Poloe dapat pula ditempuh dari Batu Menggoro, daerah pantai yang terletak di Desa Lampia, Kecamatan Malili, kabupaten Luwu Timur. Perjalanan lebih singkat diperoleh bila melalui rute satu ini. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit, Anda sudah tiba Pulau Bulu Poloe yang indah.

Kealamian pantai dan keindahan bawah lautnya membuat pengunjung melupakan rasa penatnya selama perjalanan. Laut dan pantainya sangat memesona. Air lautnya sangat jernih dihiasi aneka terumbu karang yang indah menawarkan sensasi eksotis wisata pantai yang alami. Tidak sedikit penyelam yang menginginkan suasana yang masih sangat alami menjadikan Pulau Bulu Poloe sebagai objek wisata menyelam favorit.