Pulau Burung

Pulau Burung adalah salah satu Pulau tujuan wisata yang ada di utara Pulau Belitung, tepat nya kurang lebih 24 KM dari pusat kota Tanjungpandan. Pulau ini terletak di kecamatan Sijuk, posisi pulau ini tidak jauh dengan Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini dinamakan pulau burung, menurut masyarakat setempat dikarenakan adanya tumpukan bongkahan batu granit yang bentuknya menyerupai paruh seekor burung.

Pulau Burung merupakan salah satu pulau yang sangat unik untuk dikunjungi, dari bebetuan granit yang bentuk nya menyerupai paruh burung, membuat kita penasaran untuk mengunjunginya. Terlebih jika pada saat air laut sedang surut, kita akan menemukan telaga yang terbentuk dari air laut yang menggenang akibat air laut surut. Didalam telaga tersebut terdapat karang-karang hidup beserta ikan ikan karang yang indah didalamnya.

Dengan air yang jernih kita bisa jelas melihat ikan ikan tersebut. Pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pulau pulau kecil lainnya yang ada di Belitung dapat kita temui juga disini, hamparam pasir putih, air yang jernih, bongkahan bebatuan yang tertumpuk dan tertata rapi.

Pulau burung merupakan salah satu pulau tujuan wisata yang tidak berpenghuni, jadi jika anda ingin mengunjungi pulau ini, jangan lupa untuk membawa bekal sendiri.

Dan demi menjaga kebersihan dan keindahan pulau ini, diharapkan tidak meninggalkan sampah di pulau ini. Walaupun pulau ini belum dikelola oleh dinas Pariwisata setempat, namun pulau ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan domestic, apalagi pada saat akhir pekan atau pada saat hari libur nasional.

Untuk mengunjungi Pulau ini, dapat ditempuh dari pusat kota kurang lebih 24 KM. dengan menggunakan mobil rental yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjung Pandan, dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam.

Anda dapat langsung menuju dermaga yang ada didesa tanjung binga, dermaga ini  merupakan tempat berlabuh kapal-kapal motor yang bisa di sewa untuk menuju pulau ini serta beberapa pulau lainnya. Untuk harga sewa kapal motor berkisar Rp. 300.000,- s/d 400.000,- per rombongan, harga tersebut belum termasuk harga sewa pelampung atau peralatan snorkeling. (wisatabudayababel)