Pulau Condong, Lampung Selatan

Lampung memang sering dijadikan destinasi wisata masyarakat perkotaan, seperti Jakarta. Letak lampung yang tidak terlalu jauh cukup mudah dijangkau dari Ibu Kota. Di sana terdapat banyak destinasi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan, salah satunya adalah Pulau Condong yang terletak di Lampung Selatan. Sebuah pulau berjarak sekitar 5km dari pantai pasir putih lampung, dengan pemandangan pasir putih yang menawan

Pulau Condong terlihat dari kejauhan berbentuk seperti kerucut mirip kubah dimana seluruh lereng dan permukaan bukit dipenuhi oleh vegetasi hutan pantai termasuk merbau, waru, ketapang, dan tumbuhan lain. Dari Pantai Pasir Putih hingga sampai di dermaga pulau, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang benar-benar indah. Sejauh mata memandang, hanya keindahan yang bisa Anda lihat. Airnya sangat jernih, sehingga ikan-ikan kecil saja bisa terlihat dari permukaan. Belum lagi pasir putihnya yang menawan, tidak kalah dengan Pantai Pasir Putih.

Hawa sejuk akan terasa ketika Anda sampai di Pulau Condong. Mulailah untuk membidik objek dari kamera Anda jika tidak ingin ada pemandangan yang tertinggal. Jika kurang puas, Anda bisa jalan berkeliling pulau dan menemukan tebing-tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut. Benar-benar pemandangan yang mempesona.

Untuk menjangkaunya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menuju Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni. Selain itu, Anda bisa menggunakan jasa angkutan bus AKAP tujuan Jakarta-Bandar Lampung. Untuk menuju Pulau Condong, Anda harus mengunjungi kawasan Pantai Pasir Putih dengan tiket Rp 6.000 per orang. Kemudian, Anda bisa menggunakan jasa perahu bermotor berkapasitas 10 orang yang tersedia setiap saat. Untuk satu kali menyeberang ke Pulau Condong, Anda cukup membayar Rp 60.000 per rombongan.

Terbenamnya matahari di balik pulau, adalah pemandangan yang sangat menawan karena di antara pesisir pantai bagian utara dan barat terdapat gua yang panjangnya 10 meter dengan lebar 1 meter dan tinggi 2 meter. Setelah puas menghabiskan waktu di pulau Condong dengan mengabadikan berbagai keindahan alam para pengunjung harus segera kembali ke kapal sebelum jam 17.30 WIB karena kapal–kapal motor ini akan berhenti beroperasi menjelang maghrib tiba. Namun pada saat–saat tertentu beroperasi hingga malam, dan sebagai penerangan biasanya disediakan diesel di pulau yang memang tidak ada penghuninya secara tetap ini.

sumber : Detiktravel