Pulau Cubadak

Saat ke Sumatera Barat, jangan hanya datang ke Bukittinggi atau Pulau Mentawai. Cobalah sekali-kali singgah di Pulau Cubadak. Inilah pulau kecil dengan pasir putih dan pemandangan indah di Sumatera Barat.

Mungkin tidak semua orang familiar mendengarnya, namun Cubadak sesungguhnya layak dipertimbangkan sebagai tujuan wisata. Pulau dengan keindahan alami di lepas pantai Padang ini, menyenangkan untuk Anda yang mendamba liburan tenang. Cubadak sebagai nirwana tersendiri yang unik di Sumatera Barat.

Kondisi alam yang tenang dan udara bersih, pemandangan laut diiringi semilir angin pantai, dan rimbunnya pohon kelapa bisa Anda dapatkan di sini. Plus, nikmatnya melepas penat dengan segarnya buah kelapa muda dari pulau ini. Pulau Cubadak ini bisa dibilang pulau tak berpenghuni, Anda pun akan merasa Anda lah pemilik pulau indah ini. Di pulau ini hanya terdapat beberapa rumah persinggahan nelayan setelah berlayar mencari ikan di laut.

Anda yang tertarik menjelajahi Cubadak, simak tip berikut ini:

1. Untuk sampai di pulau cubadak yang jaraknya kurang dari 60 km dari padang, setiba dibandara minangkabau wisatawan dapat menuju dermaga di pantai corocok di ibukota painan, kabupanten pesisir selatan, selama menempuh perjalanan, Anda akan didampingi pemandangan pesisir yang cantik.

2. Dari pelabuhan Coro Cok, naiklah speed boat milik penginapan yang sudah dipesan sebelumnya. Selama perjalanan, bersiaplah tercengang melihat pemandangan sekitar, di mana Anda akan dikelilingi pemandangan gunung-gunung yang membentang di sepanjang horizon, dengan awan-awan putih besar menyamarkan terik matahari. Bukit Barisan membentang panjang di pelupuk mata menyajikan pemandangan tropis ala pegunungan Eropa, dan laut tenang tanpa ombak menipu mata dengan berlaku bak danau karena airnya tak bergeming sedikit pun.

3. Nikmati pantainya, yang disebut Melanie seperti laguna. Biota laut di sekitarnya cenderung sudah beradaptasi sesuai dengan kontur geografisnya. Tidak begitu banyak ikan besar, hanya  ikan-ikan kecil. Ada angin sepoi-sepoi yang menerpa, ayunan lembut perahu layar yang diparkir di sebelah clubhousedan kano untuk keliling sekitar pulau yang siap dipakai, disertai sinar matahari cerah.

4. Untuk penginapan, eco-resort bernama Cubadak Paradise Village Resort layak dicoba. Dengan tarif menginap Rp 1.000.000/malam, total biaya perjalanan Rp 5.000.000,- PP dengan Garuda Indonesia. Biaya tambahan termasuk tip untuk staf resor, wi-fi, minuman, dan diving. Cubadak Paradiso Village menawarkan island eco-living di tengah keheningan alami. Pondok-pondok penginapan terletak di depan pantai pasir putih, dengan pilihan bungalow di atas air atau di daratan.

5. Pilihan aktivitas di resort, mencakup trekking ke atas bukit Cubadak atau menyusuri pantai sekitar pulau. Bisa juga menyelam atau snorkeling. Kalau hanya ingin sekadar membaca buku di clubhousedermaga pun tak apa. Makan pagi, siang, dan malam disajikan secara variatif dengan menu lokal dan internasional yang menggiurkan. Jangan lupa, minta diantarkan dengan speed boat keliling pulau menjelang matahari terbenam karena penginapan menghadap ke timur.