Pulau Edam

Pulau Edam atau dikenal juga dengan Pulau Damar Besar, yang meliliki luas +/- 36 Ha. Pulau yang menyimpan banyak sejarah dan masih menyisakan peninggalan yang patut kita ketahui, terutama untuk bahan pengetahuan. Ada beberapa peninggalan kolonial Belanda yang ada di pulau ini, baik yang masih utuh berdiri atau yang sudah rusak, antara lain dibagian timur adalah bekas benteng yang menyerupai bunker dan mercu/menara suar yang masih berdiri kokoh.

Menara Suar Inilah salah satu obyek wisata edukasi yang sangat menarik, selain karena sampai saat ini masih kokoh berdiri, dari atas menara suar ini kita dapat melihat keindahan bahari di sekitar Teluk Jakarta. Tertulis di papan nama yang ada 2 jenis, yang satu tertulis Menara Suar Edam DSI 1720, Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Distrik Navigasi Klas I Tanjung Priok, yang satu lagi tertulis secara rinci dekat menara suar, yaitu Menara Suar Damar Besar DSI 1720, posisi : 05-57-30 S /  106-50-30 T, periode FL (4) 20 Sec, warna putih, tinggi menara 52 meter, elevasi 56 meter, jarak tampak 20 mil laut, dibangun tahun 1879 oleh Raja Willem III dari Kerajaan Belanda. Jadi, Menara Suar Edam sama atau nama lainnya Menara Suar Damar Besar.

Memasuki menara suar ini untuk mengetahui lebih dekat, dapat kita lihat dari lantai 1 sampai lantai 16, dari anak tangga yang berjumlah 272 buah, dinding menara, bangunan/ruangan di tengah yang berbentuk tabung dan lantai, semuanya dibuat dari plat baja, dengan pengikat baut-baut yang besar. Memiliki tiga buah pintu : di lantai satu, terdapat pintu utama dan pintu tengah di ruangan berbentuk tabung,dan satu lagi di lantai 16 untuk keluar ke teras,dekat lampu suar. Memliki 30 buah jendela luar terbuat dari besi menggunakan kaca, yang sebagian kaca-kaca sudah banyak yang pecah, jadi yang berjendela hanya lantai 2 sampai 16, dengan masing-masing 2 buah setiap lantai.

Ruangan berbentuk tabung, yang berada ditengah menara suar, menghubungkan lantai satu sampai 16, tidak jelas fungsinya untuk apa, namun menurut kami sebagai pembantu penyangga menara agar lebih kokoh, dan disini kami melihat ada 2 buah kabel besar yang terikat kawat baja (seling) sebagai penyalur aliran listrik dari genset yang ada diluar menara suar ini, sampai lantai 16. Di atas lantai 16, terdapat ruangan lampu suar dengan dinding kaca berangka besi dan disinilah peralatan suar, yang antara lain lampu suar berdaya 1.000 watt, dengan motor yang berputar, sehingga bila pada malam hari, terlihat lampu akan berputar dan berkelap- kelip.

Lingkungan Sekitarnya Terdapat beberapa bangunan, yang antara lain untuk tempat tinggal penjaga menara suar, bangunan untuk genset, dan beberapa bangunan yang kosong, terkesan tidak terurus lagi. Dapat kita temukan banyak aneka jenis pohon-pohon, yang antara lain pohon damar sebagai ‘icon’ pulau ini, sehingga disebut Pulau Damar. Pantai dengan pasir putih,bersih serta air yang jernih, dapat kita lihat di dekat dermaga, dengan beberapa buah perahu kayu milik nelayan yang tertambat di pinggir dermaga atau dipinggir-pinggir pulau ini. Kita dapat menikmati keindahan alam bahari disekitar pulau dari pantai, memandangi gugusan pulau yang lainnya, serta keindahan birunya laut yang bersih.

Panorama dari atas Menara Suar Inilah sensasi yang patut Anda coba bila berkunjung ke Pulau Damar, menaiki tangga dengan 16 lantai dengan ketinggian menara suar 52 meter, keluar menuju teras berpagar besi, terasa cukup melelahkan dan bikin jantung cukup berdebar-debar, tetapi sampai di puncak melihat panorama bahari di sekitar pulau ini dan Teluk Jakarta, yang sangat indah, pastinya pengorbanan untuk mencapai puncak ini tidak akan sia-sia. Sungguh menakjubkan dan sangat mengesankan melihat keindahan alam bahari dari puncak menara suar, satu pengalaman yang menyenangkan dan pastinya tak akan terlupakan. Pastikan hal ini tidak terlewatkan oleh Anda bila berkunjung ke pulau ini, usahakan naik ke atas dan abadikan keindahannya dengan kamera Anda.

Untuk menikmati wisata Pulau Edam, antara lain kita dapat berangkat dari Marina Ancol dengan menyewa speedboat atau mengikuti trip wisata yang diadakan oleh operator wisata. Menggunakan kapal cepat yacht dari Marina Ancol dengan jumlah peserta 30 orang. Hanya membutuhkan waktu -/+ 20 menit menuju Pulau Edam dengan kapal cepat yacht ‘Predator’. Bagi yang berminat ingin bergabung dan menikmati sensasi keindahan Kepulauan Seribu (Thousand Islands) ayo segera kunjungi pulau-pulaunya. (galeriwisata)