Pulau Kanawa

Perairan Pulau Kanawa kaya akan biota laut. Dalam jarak beberapa meter dari bibir pantai wisatawan bisa bertemu hiu, ikan pari, dan penyu. Pulau tropis seluas 28 hektare, tak jauh dari Taman Nasional Komodo ini, merupakan sepetak surga dengan perairan jernih bertabur ikan. Pulau ini dikelilingi terumbu karang dan di perairan hangat itu penyu, ikan pari, hiu karang, dan ikan berwarna-warni hidup bersama.

Bentang alam Pulau Kanawa tak kalah menarik. Di darat, pulau spektakuler yang sangat tenang dan indah ini mempunyai dua pantai berpasir putih dan sebuah teluk tersembunyi. Dan, tepat di tengah-tengah pulau menjulang sebuah bukit kecil yang dari puncaknya wisatawan dapat melihat panorama 360 derajat Taman Nasional Komodo, gugus pulau di sekitar, termasuk mengabadikan matahari terbenam. Pulau Kanawa berjarak 10 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Menggunakan kapal motor nelayan, wisatawan akan menghabiskan waktu satu jam di laut. Sedangkan dengan kapal cepat hanya 10 menit.

Saat ini, Pulau Kanawa dikelola oleh Kanawa Island Resort milik warga negara Italia. Resor ini terletak di kawasan selatan Pulau Kanawa. Kawasan utara tak berpenghuni dan dibiarkan alami untuk melindungi flora fauna asli pulau tersebut. Tidak ingin menginap di resor tapi ingin berlibur di Pulau Kanawa? Tak usah cemas sebab pengelola tidak membatasi kunjungan, siapapun bebas berlibur ke pulau cantik ini. Jika ingin bermalam, wisatawan bisa membawa tenda atau menyewa tenda pada pengelola pulau.

Ada segudang aktivitas bisa dilakukan di Pulau Kanawa. Wisatawan bisa menghabiskan hari dengan bersantai di atas hammock, berkemah, bermain voli pantai, dipijat di pantai, trekking ke bukit, snorkeling, menyelam, atau menikmati pemandangan langit di malam hari. Menyelam dan snorkeling di Pulau Kanawa akan membawa sensasi tersendiri. Tempat berjuluk ‘akuarium raksasa’ tersebut memang sangat hidup, wisatawan bisa melihat gerombolan ikan tuna berenang bersama, barakuda, ikan badut, kumpulan anemon, dan berbagai ikan pelagis.

Dari pengelola resor yang memiliki dive centre bersertifikat PADI, wisatawan bisa menyewa alat dan pemandu. Ada pula paket-paket menyelam ke spot favorit seperti Manta Point, Batu Bolong, Pulau Tatawa, Pulau Siaba, serta paket snorkeling ke Pulau Sebayur, Pulau Sebolo, dan Pulau Kelor. Butuh mengisi perut? Resor kecil di pulau ini mempunyai restoran dan kafe yang menghidangkan menu ikan bakar. Wisatawan juga bisa membeli minuman dingin atau menikmati sajian khas Indonesia dan menu Italia di sana.