Pulau Merah

pulau-merah-1Pulau Merah, salah satu destinasi wisata pantai di Banyuwangi, Jawa Timur, kini bersolek. Pantai berpasir putih dengan latar belakang bukit bertanah merah. pulau merah merupakan pulau yang menonjolkan keunikan dibanding pulau lain dikawasan ini, selain pulau yang merah juga pasir yang merah,aneka binatang laut yang masih dikatakan banyak muncul di tepian pantai, ombak selalu bergulung continyu dengan besar ombak yang relatif sama, menjadikan nuansa yang unik juga indah,salah jika tidak dapat menemukan inspirasi saat berkunjung kesana.

Pulau Merah adalah sebuah pulau berbentuk bukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang kurang lebih 3 km. Pantai Pulau Merah terletak sekitar 60 kilometer dari Kota Banyuwangi ke arah selatan. Perjalanan yang membutuhkan waktu dua setengah jam. Sebagian kawasan pantai Pulau Merah berada di kaki Gunung Tumpang Pitu, yang menjulang ratusan meter, yang juga merupakan kawasan hutan lindung.

Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing. Ketika laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki menikmati eunikan berupa gunung kecil yang berada ditengah pantai yang warna tanahnya berwarna merah, karena itu dinamakan pantai Pulau Merah

Di sebelah timur pantai terdapat pegunungan, yang konon kabarnya mempunyai kekayaan alam yang tersembunyi. Ke sebelah selatan pulau kita dapat menikmati indahnya sunset di sore hari. +- 50 meter ke barat terdapat pelabuhan pelelangan ikan yang cukup besar.

Ditambah sekarang dengan adanya proyek di lokasi gunung, memberi kesempatan bagi anda yang ingin bertemu dan mengenal banyak potensi alamnya, pulau merah, pulau penuh inspirasi bagi saya, rasakan, nikmati, temukan ide-ide anda disana. Hampir seluruh permukaannya ditutupi tumbuh-tumbuhan hijau. Itulah Pulau Merah, landmark dari kawasan ini. Entah mengapa dinamai demikian. Tapi setidaknya, ada dua versi pendapat dari penduduk setempat mengenai asal-muasal penamaan pulau itu.

Ada yang mengatakan karena warna tanahnya yang kemerah-merahan. Sebagian lagi menyebutkan, konon dari pulau itu dahulunya pernah terpancar cahaya merah. “Sejak itulah, kawasan yang sebelumnya dikenal dengan Ringin Pitu ini berganti nama jadi Pulau Merah”.

Pantai Pulau merah memang menjadi salah satu tempat wisata selancar. Ombak di pantai tersebut besar, namun tak terlalu berbahaya. Di tepi pantai, kursi-kursi pantai pun sudah dipasang. Saat malam tiba, pantai pun jadi terang karena diterangi lampu penghias pantai. Rumah-rumah warga yang dulu dikontrak oleh Perusahaan Pertambangan Indo Multi Niaga kini disulap menjadi homestay.