Pulau Pahawang

Provinsi Lampung menyimpan segala potensi alam dan budaya yang tidak kalah menariknya dengan provinsi lain, terutama potensi baharinya. Selain Teluk Kiluan yang sudah tersohor, ada lagi Pulau Pahawang yang memiliki pemandangan pulau dan bawah laut yang sangat indah.

Terletak di Lampung Selatan, tepat nya di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran. Dengan luas pulau sebesar 1.084 heaktar terdiri dari pahawang besar dan pahawang kecil. Pulau Pahawang ini terdiri dari 6 dusun yaitu Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, Pahawang serta Cukuhnyai. Di huni oleh 1.533 jiwa serta 427 kepala keluarga. Pulau Pahawang merupakan surga baru bagi para pecinta bawah laut, coral-coralnya masih utuh serta ikan-ikan yang menari-nari berbagai macam rupa di bawah laut menjadi daya tarik tersendiri.

Pulau Pahawang merupakan surga baru bagi para pecinta bawah laut, coral-coralnya masih utuh serta ikan-ikan yg menari-nari berbagai macam rupa di bawah laut menjadi daya tarik tersendiri. Untuk mencapai pulau ini cukup mudah, apabila kita dari pelabuhan bakauheni lanjut kan perjalanan menuju bandarlampung, lanjut ke dermaga ketapang di kecamatan padang cermin, kab pasawaran.

Pulau ini terbagi menjadi 2, yaitu Pulau Pahawang Besar yang dihuni oleh masyarakat asli dan Pulau Pahawang Kecil yang dihuni oleh satu keluarga asing asal Prancis. WNA tersebut memiliki peran penting bagi masyarakat asli. Dia mendirikan SD dan SMP bagi masyarakat dan membebaskan biaya sekolah.

Penduduk sekitar pulau ini bekerjasama untuk membuat saung bagi para pengunjung untuk bersantai sejenak melepas penat kehidupan kota. Di Pulau Pahawang besar terdapat sebuah villa berarsitektur Jawa milik seorang berkewarganegaraan Perancis. Penduduk sekitar memanggilnya Mr. Jo.

Keindahan pantai yang dipadukan dengan suasana tenang membuat para wisatawan lokal maupun asing betah untuk berlama-lama dipulau ini. Sampah yang tidak berserakan menjadi nilai tambah tersendiri karena terhidar dari bau yang kurang sedap. Keramahan penduduk sekitar membuat pengunjung tidak canggung untuk berkeliling rumah penduduk untuk sekedar mengabadikan keindahan seisi pulau.