Pulau Pramuka

Pulau Pramuka ada di bagian tengah gugusan Kepulauan seribu. Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Kepulauan Seribu, selain Pulau Untung Jawa, Pulau Puteri dan Pulau Bidadari. Berluas sekitar 9 hektarre, Pulau Pramuka di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara,  DKI Jakarta ini dihuni oleh 1.004 jiwa. Sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka memiliki bermacam fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan pulau-pulau di sekitarnya.

Di pulau ini tersedia sekolah mulai tingkat SD sampai SMA, rumah sakit, kantor kelurahan, dan pusat pelestarian penyu sisik, dan lain lain. Kondisi pulau dan laut yang masih sangat terjaga serta pemandangan laut yang indah niscaya menawarkan pengalaman tidak mudah terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Tidak itu saja, keramahan penduduknya memberi kesan aman dan nyaman bagi  wisatawan.  Letaknya yang strategis membuat pulau ini menjadi lokasi homestay ideal untuk mengunjungi pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

Warna air laut yang bening kehijauan akan menyadarkan Anda bahwa masih ada tempat tidak jauh dari Jakarta yang air lautnya masih jernih, tak seperti air laut di  pinggiran Jakarta yang coklat kehitaman karena memuat polutan. Snorkeling dan memancing, banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini.  Snorkeling, diving, memancing, kayaking, atau menikmati sunset di dermaga.

Untuk snorkeling, Anda bisa memilih di sisi dermaga Pulau Pramuka atau mengikuti paket trip untuk snorkeling di lokasi yang Anda mau. Perairan sekitar Pulau Pramuka sangat bagus untuk snorkeling dan scuba diving. Selain jernih dan berarus bersahabat, kawasan ini juga kaya ekosistem bawah laut yang masih lestari. Anda bisa menyewa peralatannya di sini dengan harga 20 ribu – 40 ribu rupiah per 6 jam, namun bila Anda ingin menikmati keindahannya lebih dalam,  Anda bisa mencoba scuba diving dengan biaya sewa 350 – 450 ribu rupiah per trip.

Bagi wisatawan berhobi memancing, dermaga Pulau Pramuka di bagian depan pulau bisa untuk Anda, atau menyewa kapal nelayan untuk memancing pada spot-spot mancing yang banyak di huni ikan-ikan besar. Untuk menyewa kapal mancing ini, Anda harus mengeluarkan Rp450 ribu rupiah per trip.  Jauh lebih murah dibandingkan lokasi “lokasi lain seperti Tanjung Pasir dan Tanjung Kait di Tangerang.

Anda juga bisa melihat budidaya ikan bandeng yang besarnya bisa segede paha orang dewasa.  Anda juga bisa melihat ikan hiu, bawal, snapper, kerapu macan, yang semuanya berukuran jumbo. Tak berhenti di situ, petualangan Anda bisa lanjut dengan melihat Penyu Sisik. Penyu ini unik banget, karena sepertinya bersisik dan tentu saja langka.

Penangkaran penyu sisik, Pulau Pramuka memang terkenal sebagai tempat penangkaran dan pelestarian penyu sisik. Di sini penyu sisik dikembangbiakkan dan dirawat pada satu area. Pengunjung bisa bersentuhan langsung dengan bayi-bayi penyu di sini. Setelah cukup umur baru penyu-penyu ini dilepas di habitat aslinya, di  laut. Penyu sisik termasuk hewan yang terancam punah. Pemerintah dan masyarakat Pulau Pramuka ini sangat mendukung upaya pelestarian satwa yang bisa hidup sampai puluhan tahun ini. Selain terkenal akan penangkaran penyu sisiknya, Pulau Pramuka juga memiliki keindahan alam  mempesona, khususnya pantai dan lautnya.

Akomodasi

Anda bisa sampai di pulai ini dari Pelabuhan Muara angke atau Marina di Ancol.  Dari Muara Angke, Anda bisa menumpang kapal penumpang berukuran sedang yang hanya ada dua kali dalam sehari, pada pukul 7 pagi dan pukul 1 siang. Tarifnya sekitar 30 ribu rupiah sekali jalan. Pastikan anda datang  30 menit menjelang berangkat. Pada akhir pekan atau liburan, Anda harus berebut tempat dengan penumpang lain.

Di kapal ini, Anda tidak akan menemukan satu kursi pun selain kursi nakoda kapal di bagian depan. Anda harus lesehan. Waktu tempuh ke Pulau Pramuka sekitar 2,5 sampai 3 jam, tergantung kondisi kapal dan gelombang di Laut jawa. Untuk Anda yang berkocek tebal, tersedia speedboat dari Marina Ancol dengan tarif antara Rp150 ribu sampai Rp400 ribu per orang sekali jalan. Waktu tempuhnya sekitar 90 menit.

Penginapan

Di Pulau Pramuka, ada banyak tempat yang bisa Anda sewa untuk tempat menginap. Harganya antara 350  ” 500 ribu rupiah per malam. Jika beruntung masih kebagian tempat di Villa Delima, tepat di pinggir pantai bagian depan. Harga sewanya berkisar 350 ribu rupiah per malam. Atau bisa juga menyewa rumah-rumah yang disediakan penduduk untuk Anda sewa. Untuk wisatawan yang mungkin punya waktu libur panjang, Anda bisa sekaligus mengunjungi pulau-pulau lain sekitar Pulau Pramuka, seperti Pulau Panggang yang menghadap Pulau Pramuka atau Pulau Air dan Pulau Semak Daun yang menawarkan pemandangan tak kalah eksotisnya.

Pasir pantainya yang bersih, air laut yang jernih, ragam terumbu karang dan spesies ikan hiasnya membuat Pulau Pramuka menjadi lokasi favorit para wisatawan.