Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah salah satu pulau yang terletak di daerah Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, tepatnya di sebelah barat-laut dari pulau Weh. Pulau yang seluas 26 hektar ini menawarkan keindahan surga bawah laut dan wisata bahari yang sangat memukau. Bahkan pulau ini dijuluki sebagai surga taman laut. Hal ini dikarenakan pulau ini layaknya sebuah akuarium yang berisikan berbagai macam hiasan di dalamnya.

Pulau ini sangat cocok bagi para wisatawan yang memiliki hobi snorkeling, diving atau berkeliling dengan perahu kaca (glass bottom boat) karena di pulau ini terdapat berbagai jenis terumbu karang yang sangat berwarna-warni dan berbagai macam bentuknya. Tentunya karang-karang yang membentuk sebuah gugusan yang sangat menarik tersebut akan sangat memanjakan mata para pecinta wisata bahari. Tak hanya terumbu karang yang menghiasi taman laut ini, berbagai jenis ikan tropis seperti gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish dan banyak lagi yang lainnya menambah keeksotikan dari taman bawah laut di sini.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan taman bawah laut tersebut tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan sendiri karena di pulau ini telah disediakan fasilitas penyewaan perlengkapan untuk snorkeling. Harganya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 40.000 per orang per hari. Atau dapat juga menyewa sebuah perahu dengan biaya Rp 150.000,- untuk beberapa jam. Apabila datang dengan rombongan bisa menyewa sebuah perahu (glass bottom boat) dengan biaya Rp 300.000,- untuk sekali jalan. Perahu ini dapat menampung 10-12 penumpang.

Meskipun telah tersedia fasilitas penyewaan perlengkapan menyelam, namun pulau ini masih sangat minim fasilitas lainnya seperti fasilitas untuk menginap, gazebo untuk istirahat, dll. Di pulau ini hanya terdapat sebuah warung makan kecil yang hanya buka pada pagi hingga malam hari saja. Bahkan bisa dikatakan pulau ini masih belum berpenghuni, jadi benar-benar masih alami. Meskipun tidak berpenghuni, namun keindahan pulau ini terutama keindahan taman bawah lautnya telah banyak mengundang para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang kemari.

Selain menjadi tujuan wisatawan lokal maupun internasional, Pulau Rubiah ini ternyata juga dimanfaatkan sebagai tempat penelitian biota laut seperti terumbu karang dan ikan karang. Dari 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, 14 biota laut diantaranya terdapat di Taman Laut Pulau Rubiah ini. Sungguh sebuah tempat yang sangat pantas untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang memiliki hobi menyelam. Jadi, segera cantumkan Pulau Rubiah di Nangroe Aceh Darussalam di daftar perjalanan Anda berikutnya. Happy trip and always save our earth.

Akses ke Pulau Rubiah

Wisatawan yang ingin ke Pulau Rubiah dapat menggunakan rute dari Banda Aceh menuju Pulau Sabang dengan menggunakan kapal ferry atau speedboat. Waktu tempuh dari Banda Aceh menuju Pulau Sabang dengan menggunakan kapal ferry akan memakan waktu sekitar 90 menit dengan harga tiket mulai dari Rp. 30.000 per orang sekali jalan. Sedangkan dengan menggunakan speedboat akan sedikit lebih cepat, yakni sekitar 45 menit dengan biaya sewa mulai dari Rp. 50.000 per orang sekali jalan. Setelah tiba di Pulau Sabang, para wisatawan melanjutkan perjalanan menuju pulau Rubiah menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

(utiket)