• -6.153636, 106.792756

Museum Satwa – Jatim Park 2

Museum Satwa – Jatim Park 2

Museum Satwa merupakan Museum Terbesar dan terlengkap. Menyajikan satwa dari berbagai belahan dunia antara lain dari Afrika, Amerika, Australia, Eropa dan Antartika. Mengusung konsep museum masa kini (kotemporer) serta menggabungkan antara seni lukis, technologi, dan ilmu pengetahuan khususnya satwa.

Pada bagian depan pengunjung akan disuguhkan bangunan bergaya klasik romawi dengan pilar-pilar besar dan tinggi terlihat sangat memukau. Pada kiri dan kanan bangunan terdapat patung gajah dengan ukuran besar. Sedangkan pada bagian depan, patung-patung lucu menjadi hal yang menarik untuk anak-anak. Ada pula lampu-lampu dengan bentuk rusa yang tampak indah saat malam hari.

Sajian dalam Museum Satwa ini sangat beragam, di dalamnya ada sekitar 84 diorama satwa dari berbagai penjuru dunia, dari dalam maupun luar negeri. Diorama ini memberi gambaran yang seakan-akan nyata tentang kehidupan satwa di habitatnya di alam liar dengan menggunakan hewan awetan murni.

Tak ketinggalan, terdapat diorama pemandangan alam dari berbagai tempat yang berbeda di berbagai belahan benua. Seperti diorama pemandangan alam yang berbatu, bersalju, hutan yang sedang terbakar dan lain-lain. Sajian lain yang cukup menarik adalah koleksi fosil, fosil yang dipamerkan di sini adalah fosil tiruan dari bahan fiberglass. Fosil-fosil ini akan memberi pengetahuan kepada pengunjung bagaimana bentuk fosil itu dan bagaimana para ahli satwa purbakala merekonstruksi gambaran satwa yang hidup di masa jutaan tahun yang lalu.

Museum Satwa juga dilengkapi fasilitas Teater, menyajikan film-film tentang satwa dan kehidupannya di alam liar, ditambah dengan simulasi anatomi satwa agar pengunjung bisa mengetahui seluk-beluk satwa dengan lebih baik. Jika masih kurang puas dengan penjelasan tentang satwa, para guide yang profesional siap memandu wisatawan untuk menerangkan dan memberi informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Setelah puas berkeliling pengunjung dapat menikmati beristirahat sambil menikmati santapan ala museum satwa dengan suasana pedesaan di Warung Desa atau belanja oleh-oleh khas Museum Satwa di Toko Souvenir yang telah tersedia.

Fasilitas

  1. Tempat parkir yang nyaman dan aman berada di lahan seluas 2 ha.
  2. Bangunan Indoor yang dibangun diatas lahan kurang lebih 1 Ha dari 15 ha area Jawa Timur Park
  3. Menyajikan ratusan diorama satwa dari berbagai penjuru dunia, yang divisualisasikan sesuai dengan habitatnya.
  4. Insektarium yang berisi ribuan jenis serangga dari berbagai negara di belahan dunia.
  5. Pengetahuan satwa yang disajikan melalui keterangan-keterangan yang berada disetiap diorama, baik dari jenis satwa, kebiasaan satwa dan juga asal satwa tersebut.
  6. Khasanah pengetahuan fauna sebagai tempat dan pembelajaran melalui kuis dan tebak-tebakan tentang satwa.
  7. Guide yang profesional
  8. Fasilitas umum toilet dan musholla yang bersih dan nyaman.
  9. Tempat istirahat yang terletak di warung desa, dengan desain pedesaan dan style pedesaan.
  10. Fasilitas hot spot di khasanah pengetahuan fauna dan warung desa.

Koleksi Museum Satwa
Sesuai namanya, koleksi yang dipamerkan di Museum Satwa adalah berbagai binatang baik yang ada di dalam negeri atau luar negeri dan koleksi satwa yang masih ada maupun yang sudah punah. Satwa yang dipamerkan tentu bukan dalam kondisi hidup, melainkan satwa yang sudah diawetkan atau berupa patung rekonstruksi.

Satwa yang diawetkan dapat dinikmati dalam bentuk diorama. Di dalam tiap diorama terdapat satwa beserta habitatnya. Habitat disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidup dari satwa tersebut. Macam-macam habitat yang dapat dilihat antara lain padang pasir, hutan, daerah salju, dan habitat lainnya. Diorama habitat dan satwa yang ada di dalamnya terlihat nyata, sehingga banyak pengunjung yang memang sengaja datang untuk mengenalkan berbagai jenis satwa kepada anak-anak mereka. Selain itu, diorama ini juga akan membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah yang merupakan habitat asli satwa.

Selain diorama hewan darat, ada pula diorama ikan. Berbagai macam ikan dari berbagai belahan dunia dan dalam tempat hidup yang berbeda-beda. Diorama ikan terlihat unik, karena diorama mampu menampilkan tempat hidup ikan yang berbeda-beda. Habitat ikan di sungai, danau, rawa, laut dangkal sampai habitat ikan laut dalam tersaji nyata. Pengunjung seolah-olah sedang menyelam dan menyaksikan berbagai jenis ikan disini.

Insektarium
Insektarium berisi 5000 lebih jenis serangga yang didapatkan dari berbagai tempat seperti Peru, Papua Nugini, Kolumbia, Malaysia dan bahkan dari Pulau Madagaskar di pantai timur Afrika, tak ketinggalan juga dari hutan Indonesia. Melihat jenis-jenis serangga dapat menambah pengetahuan kita karena tidak semua serangga yang dipamerkan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Fish World
Disini pengunjung bisa menikmati fish diorama berupa diorama kehidupan bawah air. Baik kehidupan di air tawar seperti sungai, danau maupun rawa, juga di air laut dengan beberapa kedalaman yang berbeda-beda. Di sini pengunjung seperti dibawa di kedalam air dan melihat langsung ikan di habitatnya.

Pameran Fosil
Hal menarik lain yang ada di museum ini adalah pameran fosil. Aneka fosil yang dipamerkan mempunyai daya tarik tersendiri. Fosil-fosil direkonstruksi sehingga menyerupai struktur satwa sebenarnya. Susunan fosil yang berupa tulang-tulang ini membuat pengunjung bisa membayangkan bentuk satwa yang sudah punah. Misalnya, fosil dinosaurus dan tyrex yang mungkin biasanya hanya bisa dilihat dari televisi, kini dapat dinikmati secara langsung. Anda dapat mengagumi betapa besarnya dinosaurus. Ada pula fosil-fosil dari binatang yang hidup di air.

Museum Satwa – Jatim Park 2
Jl. Raya Oro-Oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu
Telp : 0341- 5025777
Fax : 0341 – 5025666

One thought on “Museum Satwa – Jatim Park 2

  1. linda

    untuk tgl 15 November 2012 itu kan tgl merah atau publish holiday.apakah jatimpark2 ttp buka seperti biasa?jika iya,brp HTM pada tgl tsb.saya tunggu balasannya.thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>