Sungai Limbong Sitodo

Berada sekira 8 kilometer dari Polewali, ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ada sajian panorama alam nan mempesona. Sungai Limbong Sitodo merupakan lokasi pemandian alami yang menggunakan aliran air sungai sebagai sumbernya. Air Sungai Limbong Sitodo begitu bening dan sejuk. Di sepanjang aliran sungainya terhampar bebatuan dan pepohonan menambah lekatnya keindahan yang alami. Melihat potensi tersebut, tidak heran kemudian Pemerintah Polewali menjadikannya sebagai salah satu destinasi andalan daerah.

Temukan di sini sebuah panorama perbukitan hijau subur dengan deru suara air mengalir melewati bebatuan. Sungai Limbong Sitodo dan sekitarnya akan sangat sempurna menjadi lokasi wisata bersama keluarga atau sekedar bersantai menikmati pemandangan alam menghijau.

Selama akhir pekan, sungai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Polewali dan sekitarnya. Berendam dan berlibur di pemandian alami menjadi favoritnya. Anda bisa berendam sesuka hati ditemani pemandangan alam super indah.

Selain menikmati sensasi berendam di Sungai Limbong Sitodong yang segar atau berpetualang menuju hulunya yaitu Air Terjun Indo Rannuang, Anda juga bisa berkunjung ke Desa Tradisional Mandar di atas bukit sekira 5 kilometer dari Sungai Limbong Sitodo. Di desa tersebut, Anda akan menyaksikan bagaimana masyarakat adat yang masih setia dengan budaya, seni dan tradisi mereka. Jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua namun semakin mendekat ke area desa, jalan semakin menyempit dan cara satu-satunya menuju desa adalah berjalan kaki.

Rumah-rumah tradisional penduduk Desa Mandar berbentuk rumah panggung. Kedua sisi jalan menuju perbukitan dihiasi tanaman kakao. Desa ini juga kaya dengan tanaman kakao, buah dan sayuran. Berkebun memang merupakan mata pencaharian utama di desa ini.

Transportasi

Terletak di Desa Kunyi, Kecamatan Areapi, baik Sungai Limbong Sitodong maupun Air Terjun Indo Rannuang berjarak sekira 8 kilometer dari Polewali. Akan tetapi, tidak ada penunjuk arah yang dapat membantu Anda untuk menuju kedua lokasi wisata ini. Rute terbaiknya adalah dengan jalan menuju Kantor Desa Kunyi yang merupakan jalan utama di Polewali. Dari jalan ini, Anda berbelok ke arah kanan menuju Desa Kunyi. Jarak jalan utama ke Desa Kunyi sekira 4-5 kilometer. Di area sungai terdapat tempat parkir dan warung makanan dan minuman. (indonesiatravel)