Temajuk

Temajuk, pantai mempesona ini menjadi pemisah antara Indonesia dan Malaysia. Pantai Temajuk terletak di Sambas, Kalimantan Barat. Perairan ini pun menjadi pembatas yang cantik antara Indonesia dan Malaysia.

Berada dalam satu rumpun, Indonesia dan Malaysia memiliki pesona alam yang cantik. Salah satu tempat untuk melihat kecantikan kedua negara ini adalah di Kabupaten Sambas, Kalimatan Barat. Namanya Temajuk, sebuah pantai dengan bentangan pasir putih dan air laut yang jernih. Asyiknya, pantai ini masuk ke wilayah Indonesia!

Pantai Temajuk berada di Kecamatan Paloh yang berada di wilayah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Pantai Temajuk berbatasan langsung dengan Malaysia Timur dan Laut Natuna. Sebelum memasuki pantai, wisatawan harus melewati pintu gerbang Pantai Temajuk terlebih dahulu. Tembok putih menjadi pembuka jalan traveler menuju bibir Pantai Temajuk.

Setelah melewati kumpulan pepohonan nan rindang, deru ombak dan angin pantai menjadi penyambut yang ramah di Pantai Temajuk. Panorama yang sangat cantik saat air di lepas pantai Temajuk surut, butiran pasir Temajuk yang putih membentang di sepanjang bibir pantai ini.

Kondisi pantai yang masih alami, dengan pantai pasang surut yang eksotis, pasir putih yang terhampar luas, gugusan bebatuan granit yang indah, dan bebatuan granit berpadu batuan karang yang eksotis terhampar hingga Tanjung Datuk yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Pemandangan khas pantai yang memanjakan setiap mata yang berkunjung ke sana.

Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan menggunakan snorkel di Teluk Atong. Gugusan bebatuan granit dari yang kecil hingga yang sangat besar bisa anda jumpai di lokasi Batu Pipih, tidak jauh dari penginapan Teluk Atong.

Bersih dan masih sangat alami, begitulah keadaan Temajuk. Tak jarang, banyak peselancar datang ke pantai ini hanya untuk menaklukkan ayunan ombaknya. Apalagi kalau sudah memasuki bulan Oktober-Februari. Pada bulan-bulan tersebut, hembusan angin pantai bertiup kencang dengan ketinggian gelombang bisa mencapai lebih dari 2 meter. (berbagai sumber)