Wisata Alam Tretes

Memasuki daerah Pandaan, udara segar mulai terasa. Tampak sebuah candi yaitu Candi Jawi. Candi Jawi adalah peninggalan sejarah Kerajaan Singhasari atau sering pula ditulis Singasari, adalah sebuah kerajaan di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222. Masih menjulang dan terlihat bersih dan megah. Seperti jalan di pegunungan, jalur Tretes juga berkelok dan menanjak. Tapi tak setajam kelokan di Puncak. Dua gunung yang menaungi tempat wisata ini adalah Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Keduanya akan terlihat jelas di pagi hari, lalu menyurut oleh kabut di penggalan siang.

Tretes, tempat wisata Alam di pegunungan dan untuk bersantai dan beristirahat menjauhi kebisingan kota, bertebaran berbagai hotel, motel dan vila yang disewakan. Mulai yang bintang empat sampai yang kelas rumah-rumah sederhana. Penjaja vila sangat atraktif menawarkan pada hampir semua pengunjung.

Makanan dan jajanan terbanyak adalah sate kelinci, bakso, dan jagung bakar. Makanan khas wilayah pegunungan yang disiapkan disepanjang jalan diwarung kecil dalam kawasan ini.

WisataAlamTretesBerjalan-jalan 100 meter kepuncak terdapat Wana wisata air terjun Kakek Bodo di Tretes. Menurut cerita, dulu saat Belanda menguasai Indonesia, Tretes menjadi kawasan hunian para pegawai Eropa (Belanda). Banyak Villa/ Loji dibangun di kawasan ini. Nah, di salah satu rumah Belanda itu ada seorang laki-laki tua yang santun, sholeh dan cekatan  dalam  bekerja. Dia  sebagai pembantu rumah tangga. Namun  akhirnya, sang pembantu memilih untuk menyepi. Tapa brata di hutan meninggalkan tuannya. Tentu saja sang tuan  merasa sangat kehilangan. Dibujuknya mantan pembantunya untuk kembali ke rumah. Tapi bujuk rayunya sia-sia. Sang pembantu tetap ingin tinggal sendiri di hutan yang sepi dekat air terjun. Akhirnya, majikan Belanda pun marah-marah dan menyebut mantan pembantunya sebagai KAKEK BODOH. Orangtua yang Bodoh! Sampai sekarang nama itu melekat menjadi sebutan bagi air terjun yang cantik ini.

Air terjun ini sebenarnya adalah jalur pendakian Gunung Arjuno. Jika weekend, tempat ini ramai sekali dikunjungi. Jika Anda penyuka ketenangan, janganlah datang saat hari libur. Kebanyakan yang ke sini adalah rombongan anak-anak muda yang menikmati rekreasi.

Keindahan Tretes terletak di jauhnya dari keriuhan kota. Apalagi jika melewatkan suatu sore memandang kokohnya pegunungan dirundung kabut sambil menikmati secangkir teh hangat. Tanpa kebisingan, hanya kesegaran udara yang tak bisa lagi dinikmati di perkotaan. (galeriwisata)