• -6.153636, 106.792756

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan terletak di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di pesisir pantai utara (pantura) Jawa ini merupakan tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Setiap musim liburan, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera yang merupakan obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran Pahlawan Nasional R.A. Kartini.

Area pantai bandengan  ini sering digunakan untuk ajang permainan moto cross dan pertunjukan festival layang-layang baik regional, nasional maupun internasional. Obyek wisata ini dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraaan umum, sebab sudah tersedia prasarana jalan yang sudah beraspal dan sudah ada angkutan kota yang langsung menuju lokasi obyek wisata tersebut. Sedangkan makanan khas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di pantai ini yaitu kerang rebus, rajungan, ikan bakar serta pindang srani.

Sejarah Pantai Bandengan
Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan Muria yaitu Amir Hasan saat akan berpergian mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan. Pantai yang ada di desa tersebut akhirnya dinamakan Pantai Bandengan. Di pantai ini juga menjadi tempat favorit Pahlawan Nasional yang memulai emansipasi wanita yaitu R.A. Kartini yang merupakan putri Bupati Jepara pada saat itu. R.A. Kartini sering berwisata ke pantai ini bersama para bangsawan Belanda pada masa itu.

Selain Pantai Bandengan merupakan tempat yang pernah mengukir sejarah perjalanan cita-cita RA Kartini. Di pantai itulah RA Kartini dan Mr. Abendanon mengadakan pembicaraan empat mata yang berhubungan dengan permohonannya untuk belajar ke negeri Belanda, meskipun ahirnya secara resmi permohonannya kepada pemerintah Hindia Belanda ditarik kembali dan biaya yang sudah disediakan buat RA Kartini diberikan kepada pemuda berasal dari Sumatera yaitu Agus Salim (KH. Agus Salim).

Pantai Pasir Putih yang Rimbun
Pengunjung dapat menikmati panorama pantai yang jernih dan berpasir putih. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati rimbunnya pepohonan pandan atau pohon perdu di sepanjang pesisir Pantai Bandengan Jepara atau yang dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera. Pantai Bandengan memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih. Karena itu pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, bermain voli pantai, berperahu, atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.

Selain itu, kondisi pantai utara Jawa relatif tenang membuat pantai ini relatif aman untuk menikmati permainan di pinggir laut maupun berenang. Bahkan pada saat mencelupkan diri ke air laut yang bening, pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil sedang berlarian di dasar air laut.

Pantai Bandengan sering dikunjungi karena suasana alamnya yang unik. Pengunjung dapat menemukan suasana pantai pasir putih yang luas. Kemudian pengunjung juga dapat menikmati keindahan air laut yang jernih. Serta yang menarik adalah hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai. Tentu ini membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini mampu menyaingi keindahan pantai di Bali.

Pengunjung juga dapat mengunjungi pulau di tengah laut dari Pantai Bandengan. Pulau yang dapat dikunjungi dari sini yaitu Pulau Panjang. Di pulau ini pemhunjung dapat menyaksikan kekayaan alam yang indah yaitu flora dan fauna yang menarik. Pengunjung juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu atau kapal yang siap mengajak berkeliling pantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Bandengan.

Sunset di Pantai Bandengan Jepara
Seusai menikmati berbagai permainan yang menyenangkan di Pantai Bandengan hingga menjelang senja, tibalah saatnya Anda menikmati pertunjukkan yang memukau di pantai ini. Ini adalah pertunjukkan alam yang menakjubkan, yaitu proses terbenamnya matahari atau sunset. Anda dapat mengagumi keindahan matahari saat menuju perhentiannya di senja hari. Pantulan cahaya matahari yang meredup terlihat di air laut dengan ombak yang tenang di Pantai Bandengan ini. Momen seperti ini sering diabadikan oleh para fotografer yang kebetulan mampir di Pantai Bandengan Jepara.

Anda juga dapat menikmati panorama matahari terbenam atau sunset ini sambil menikmati makanan yang disajikan di restoran yang ada di bibir Pantai Bandengan. Salah satu restoran yang cukup terkenal di pantai ini adalah Sunset Beach Restaurant yang didirikan oleh warga negara Italia yang memiliki istri penduduk setempat. Restoran ini sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Anda dapat menikmati pizza yang merupakan makanan khas Italia, seafood maupun masakan Indonesia sambil menikmati keindahan panorama sunset dan mendengar deburan ombak di pinggir pantai. Jika Anda makan di salah satu restoran di Pantai Bandengan, maka Anda dapat masuk secara gratis ke obyek wisata Pantai Bandengan.

Jika Anda lelah dan ingin beristirahat, di Pantai Bandengan juga ditawarkan vila atau tempat penginapan yang bisa disewa. Setelah beristirahat malam hari, pada pagi hari Anda juga dapat menikmati sajian panorama matahari terbit di Pantai Bandengan.

Obyek wisata Pantai Bandengan tidak sulit untuk dikunjungi. Pemerintah Kabupaten Jepara telah menyediakan fasilitas jalan yang baik serta transportasi yang mudah menuju obyek wisata Pantai Bandengan. Jadi, jika Anda sedang berada di Jawa Tengah, tidak ada salahnya Anda mampir ke Jepara. Sambil melihat keindahan ukiran khas Jepara, Anda juga dapat mampir ke obyek wisata andalan Kabupaten Jepara yaitu Pantai Bandengan atau yang juga dikenal sebagai Pantai Tirta Samudera.

Fasilitas
Berbagai fasilitas mulai tersedia di pantai Bandengan. Kini Pantai Bandengan menawarkan Wisata Bahari, hanya dengan Rp. 5000,- saja anda bisa berkeliling di sekitar Pantai Bandengan dengan perahu masin berkapasitas 15 – 20 orang. Jika anda ingin berkunjung ke Pulau Panjang yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit menggunakan Perahu Mesin hanya membutuhkan biaya Rp. 10.000,-.

Pantai bandengan juga menawarkan fasilitas untuk aktifitas pantai seperti Banana Boath dengan biaya sewa Rp. 15.000,- untuk waktu 15 menit dan Jet Sky seharga Rp. 30.000,- untuk waktu yang sama. Di Pantai Bandengan juga terdapat Hotel sebagai fasilitas penginapan.

Tiket Masuk
Untuk menikmati pemandangan indahnya pantai bandengan ini cukup dengan Rp 2000,- saja untuk hari senin sampai jum’at dan Rp 2500,- pada akhir pekan.

Pantai Bandengan Jepara
Pantai Tirta Samudera
(Sekitar 7 km di utara pusat kota Jepara)
Kabupaten Jepara
Jawa Tengah
Indonesia

(Berbagai Sumber)

One thought on “Pantai Bandengan Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>