5 Makanan Terbaik Untuk Pencernaan

Ketika pencernaan mengalami gangguan, maka akan berdampak pada metabolisme tubuh dan nantinya akan mengakibatkan tubuh kurang sehat dan timbul berbagai penyakit yang tidak di inginkan. Dalam memilih makanan terbaik untuk kesehatan pencernaan, mungkin yang terpenting adalah makanan itu tidak menyebabkan gejala atau keluhan apa pun. Dengan kata lain, makanan yang bagus itu bisa membuat proses pencernaan lebih mudah.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya konsumsilah makanan yang baik untuk pencernaan. Sehingga pencernaan akan bekerja sebagaimana fungsinya. Apa saja makanan yang bagus dan makanan yang sebaiknya dihindari demi pencernaan sehat? Berikut ini makan yang baik untuk pencernaan, saran dari para ahli :

1. Sayur dan buah
Makanan ini adalah sumber serat yang akan melancarkan proses pencernaan dan pembuangan. Sebaiknya kita mengonsumsi serat 20-30 gram setiap hari atau setara dengan 5-7 sajian buah dan sayur. Karena dalam buah-buahan serta sayuran banyak sekali mengandung vitamin dan mineral dan sangat baik untuk kesehatan manusia. Seperti misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat magnesium, seng, zat fosfor dan asam folat.

2. Biji-bijian utuh
Sumber makanan biji-bijian utuh antara lain beras merah dan gandum. Namun nasihat ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang punya penyakit kronik seperti sakit celiac atau sensitif pada gluten. Biji-bijian, merupakan sumber rendah lemak, kaya serat dan zat besi, serta vitamin B seperti tiamin, riboflavin, niasin dan asam folat, serta mineral seperti magnesium, selenium dan potasium.

3. Pisang
Pada dasarnya semua jenis buah bagus untuk pencernaan, tetapi pisang sangat dianjurkan karena tidak mengiritasi perut. Buah ini juga disarankan untuk mereka yang sedang menderita diare atau mual dan muntah. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg.

4. Jahe
Herbal dan rempah seperti jahe, pepermint, atau turmeric adalah sahabat bagi perut yang sedang bermasalah. Buatlah teh jahe untuk meredakan gangguan pencernaan. Jahe dapat berfungsi sebagai obat nyeri lambung dan radang sendi karena jahe mengandung sejumlah zat gizi seperti vitamin , B1, C, asam-asam amino dan sebagainya.

5. Sumber probiotik
Probiotik mengandung bakteri baik yang akan mengembalikan keseimbangan bakteri jahat di usus. Sebaiknya pilih produk yang mengandung bakteri hidup seperti yoghurt dan kefir. yaitu susu. Umumnya, yoghurt mengandung tidak kurang dari 0,8% asam laktat, 9,5% padatan susu nonlemak, dan 3,0% protein.

Sebaliknya, hindari makanan yang akan memicu gejala refluks dan rasa nyeri di tenggorokan seperti makanan pedas, alkohol, kafein, soda, atau mengandung lemak jenuh tinggi.