Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Saat Bekerja

Pekerjaan merupakan salah satu penyebab stres. Banyaknya tekanan dalam bekerja bagi sebagian pekerja merupakan hal lumrah yang dapat membuat Anda mengalami sakit kepala dan meningkatkan tekanan darah.

Stres, tidak cukup tidur, kurangnya gizi, dan postur duduk yang salah memicu sakit kepala saat bekerja. Duduk di depan komputer juga bisa menyebabkan kelelahan dan stres yang memicu munculnya sakit kepala.

Nah untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa cara alami ini.

1. Menyegarkan Diri

Pekerjaan yang berat dapat membuat Anda stres. Jadi, beristirahatlah sejenak untuk menyegarkan diri. Anda bisa pergi mencuci wajah agar tidak mengantuk, menarik nafas dalam-dalam dan memberikan suasana rileks pada tubuh. Anda juga dapat mendengarkan lagu favorit atau sekadar berbincang-bincang dengan rekan kerja.

2. Tidur Lebih Banyak

Kurang tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala di kantor. Oleh sebab itu, jika Anda merasa mengantuk saat bekerja, buatlah secangkir kopi. Secangkir kopi dengan takaran kafein yang tepat dapat menyingkirkan kantuk.

3. Banyak Minum Air

Tetap terhidrasi akan membuat Anda aktif dan mampu mengurangi sakit kepala. Pastikan cukup minum saat Anda berada di kantor. Dengan mengonsumsi air yang cukup akan membantu memperlancar sistem dalam darah, mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, serta membuat kulit Anda bersinar.

4. Menggerak-gerakkan Leher

Kegiatan menggerak-gerakkan leher tidak hanya melemaskan leher, bahu, dan punggung, tetapi juga membantu mengurangi rasa sakit saat Anda bekerja. Leher yang kaku bisa mengakibatkan sakit kepala, sehingga dengan menggerak-gerakkannya akan sangat membantu mengurangi sakit kepala Anda.

5. Mencoba Akupresur

Ini adalah salah satu teknik pengobatan China yang dapat megobati sakit kepala dan beberapa penyakit lainnya. Akupresur atau pijat refleksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala saat bekerja cobalah cara ini. Namun cara ini tidak disarankan untuk wanita hamil dan beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu.

6. Mengonsumsi Teh

Meminum teh merupakan cara alami untuk mengurangi sakit kepala di tempat kerja. Di India banyak orang mengonsumsi teh untuk meringankan sakit kepala. Jika menyukai rasa tertentu, teh tersebut dapat dikonsumsi dengan rasa favorit Anda.

Penting pula untuk memperhatikan postur duduk ketika bekerja. Posisi duduk yang salah dapat menyiksa otot punggung dan bahu sehingga menyebabkan sakit kepala. Pastikan Anda duduk dengan postur ergonomis yang tepat serta memberikan sanggahan atau bantal yang dapat membuat punggung Anda lebih rileks. (detik)