10 Cara Atasi Mata Merah

Mata merah dan gatal memang sungguh menyiksa. Terlebih lagi jika sudah mengganggu rutinitas sehari-hari. Mata merah dan gatal bisa disebabkan oleh paparan debu, alergi dingin, angin atau sinar matahari serta kosmetik.

Mata merah dan iritasi tentunya membuat anda kehilangan penampilan dan mengganggu penglihatan. Saat digosok-gosok mata akan semakin merah dan juga gatal. Memakai tets mata tentunya menjadi alternatif utama, namun dalam memilih produknya tentunya tetes mata juga sangat beragam dan berbeda kualitasnya.

Selain obat tetes mata, saat mata merah sebaiknya anda juga melakukan treatment dengan cara alami. Sebab mata selain vital juga sangat sensitif dan sangat berbahaya jika dibiarkan iritasi dalam waktu lama. Selain karena merupakan indera, mata juga merupakan jendela dunia.

Berikut ini caranya:

1. Pencahayaan
Perhatikan pencahayaan dalam ruangan.jangan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Sebab mata akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus yaitu cahaya lampu dan monitor.

2. Periksa Monitor
Periksa monitor anda apakah masih bekerja dengan baik.jika gambar berkedip-kedip dengan kata lain tidak nyaman bagi mata anda, maka anda sebaiknya mengganti dengan monitor yang rendah radiasi, seperti LCD.memang harga monitor LCD bisa membauat sakit hati kita. Tetapi LCD mempunyai kelebihan lain. Yakni hemat listrik, tanpa menerapkan prinsip 17.00-22.00.

3. Komposisi warna
Jika anda tidak kuat membeli monitor LCD anda masih bisa menggunakan monitor CRT anda tanpa melelahkan mata yakni dengan mengatur komposisi warna pada monitor. Redupkan brightness, contrast, maupun warna menjadi hanya sepertiganya saja. Warna yang tidak terlalu terang membantu mata agar tidak perlu bekerja terlalu keras. Selain itu anda bisa menggunakan filter glass monitor, filter ini bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor, tetapi juga mampu mengurangi radiasi yang dipancarkan.

4. Pandangan
Jika anda harus bekerja dengan komputer sambil membaca kertas, taruhlah dengan jarak yang seimbang dengan monitor kalau perlu tepat didepan layer monitor agar anda tidak perlu bolak-balik balik bolak memfokuskan pandangan dan jangan lupa untuk menggunakan ukuran font yang besar.

5. Jarak
Aturlah jarak antara layar monitor dengan mata and sekitar 30-40 cmdenga posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata anda atau sedikit di bawah mata anda. Selain tidak melelahkan mata anda, posisi ini dapat menjaga bahu dan leheranda cukup nyaman..

6. Berkedip
Istirahtkan mata anda kira-kira sepuluh menit setiap berada di depan monitor. Sering-seringlah berkedip, karena dengan berkedip bisa menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah.

7. Lihat Bagian Hijau
Melihat Bagian hijau seperti dedaunan, akan mengurangi rasa perih dan akan sangaat membantu mengurangi mata merah, sebaiknya pasang Wallpaper yang bernuansa Hijau.

8. Usap Dengan Kain Lembab
Sering usap Mata Anda Menggunakan sapu tangan yang lembab, atau berikan vitamin mata, sehingga kondisi mata akan kembali segar dan yang pasti meningkatkan Kinerja kita.

9. Virus
Virus mata merah biasanya bisa mempengaruhi mata yang lain dalam beberapa hari. Beberapa gejala umum mata yang ikut terinfeksi virus mata merah antara lain mata lebih sering berair.

10. Bakteri
Mata merah juga bisa disebabkan karena bakteri yang menginfeksi kedua belah mata pada saat yang bersamaan dan mengakibatkan keluarnya kotoran mata yang lebih banyak dari biasanya. Kadang berwarna agak kuning kehijauan.

(blogdetik)