Cara Diet di Akhir Pekan

Akhir pekan adalah saatnya istirahat sejenak dari rutinitas. Stres karena banyaknya pekerjaan lantas sering menggangu kegiatan diet anda. Nah, bagaimana cara menyiasatinya agar pola makan tetap terjaga. Walaupun biasanya saat akhir pekan atau liburan, kebanyakan program diet yang sudah dijalankan menjadi gagal karena banyaknya godaan baik dari teman atau lingkungan sekitar. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar berat badan tetap turun di akhir pekan.

Liburan adalah waktu khusus untuk memanjakan diri. Namun bagi orang yang sedang menjalankan program diet, liburan adalah sebuah tantangan karena sering menjadi penghalang dan penyebab gagalnya diet. Bila tak ingin berat badan justru naik saat akhir pekan, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan

1. Bangun pagi meski akhir pekan
Akhir pekan identik dengan bermalas-malasan di tempat tidur. Namun bangun siang dan bermalas-malasan hanya akan membuat Anda lemas dan tidak bertenaga. Cobalah tetap bangun pagi meski di akhir pekan. Anda bisa bangun lebih siang tapi sebaiknya tidak lebih dari 2 jam.

2. Jangan lewatkan sarapan
Melewatkan sarapan sering dianggap sebagai taktik penurunan berat badan yang cukup efektif. Sayangnya, hal tersebut justru dapat merugikan tubuh. Jangan lewatkan sarapan, karena makan sesuatu setelah bangun tidur dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 10 persen.

3. Makan di rumah, jangan restoran
Makanan di restoran cenderung lebih tinggi kalori dan karbohidrat, sehingga akan lebih sulit untuk mengontrol berapa banyak Anda makan. Sebelum akhir pekan dimulai, sediakan makanan sehat di kulkas dan lemari sehingga Anda tidak akan tergoda berbelanja makanan lain.

4. Melakukan olahraga di luar ruangan
Saat akhir pekan seseorang akan memiliki waktu lebih banyak untuk berolahraga, untuk itu cobalah melakukannya di luar ruangan. Hal ini akan membuatnya merasa lebih energik, membakar lemak serta lebih cenderung untuk terus melakukannya.

5. Banyak minum air putih
Minuman manis seperti soft drink, jus botolan, teh manis benar-benar dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Cobalah perbanyak minum air putih dan kurangi minum minuman manis, meski saat liburan.

Sumber : detik