Jalan Kaki Olahraga Yang Paling Murah

Hidup sehat bisa dimulai dengan hal-hal yang kecil dan simpel contohnya seperti berjalan kaki. Jalan kaki merupakan olahraga paling murah dan paling mudah untuk dilakukan, tidak memerlukan peralatan yang mewah dan sebagainya. Tapi, kebanyakan dari kita mungkin belum tau manfaat sebenarnya “berjalan kaki” untuk kesehatan tubuh sehingga masih banyak dari kita yang bermalas-malasan untuk berjalan kaki.

Berikut ini ada beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh yang mungkin bisa merubah pola pikir kita untuk membiasakan berolah raga walaupun hanya sekedar dengan berjalan kaki :

Mencegah serangan jantung
Olahraga jalan kaki bisa menekan resiko terkena serangan jantung, jalan kaki mampu memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung, dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan selalu terjaga untuk terus bekerja. Selain itu kaki juga bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang menyerap LDL (kolesterol jahat). Berjalan kaki mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung hingga lima puluh persen.

Mencegah stroke
Penelitian yang di lakukan terhadap 70 ribu perawat di Harvard School of Public Health yang dalam bekerja melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, membuktikan bahwa resiko terkena stroke menurun hingga dua pertiga.

Menjaga berat badan dan menurunkan berat badan
Selain menjaga berat badan, berjalan kaki secara rutin juga merupakan olah raga mudah untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang kelebihan berat badan atau yang sedang melakukan diet. Berjalan kaki secara rutin mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membakar kelebihan kalori.

Mencegah Diabetes
Diabetes bisa  diatasi tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan, yaitu apabila gula darah bisa di kontrol dengan menggerakkan badan / bergerak aktif. Berjalan kaki mampu mengontrol kadar gula darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

Mencegah Osteoporosis
Jalan kaki terbukti selain memperkokoh otot, juga memperkuat tulang-tulang kita. Selain itu extra kalsium dan vitamin D (cahaya matahari) juga diperlukan untuk mencegah osteoporosis, karena itu berjalan kaki di pagi hari atau lari pagi sangat tinggi manfaatnya bagi kesehatan.

Sumber : Indraatmayanablogspot