• -6.153636, 106.792756

Kasiat Buah Tomat

Kasiat Buah Tomat

Kasiat Buah Tomat

Memiliki bentuk bulat dengan warna merah cerah menjadikan tomat tak hanya menarik untuk dipandang, tapi juga segar untuk dimakan. Banyak orang menganggap tomat sebagai salah satu jenis sayuran, padahal sebenarnya tomat termasuk dalam kelompok buah-buahan. Selain segar, tomat juga kaya akan antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas. Antioksidan dalam tomat melawan dengan cara menyumbangkan elektron kepada radikal bebas, menetralkan mereka dan menghentikan reaksi berantai radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan.

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam tomat adalah lycopene. Lycopene merupakan antioksidan penting yang membantu mencegah pembentukan sel kanker seperti, kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, dan kerongkongan. Lycopene merupakan bagian dari keluarga pigmen yang disebut dengan karoten. Karoten merupakan komponen alami yang menimbulkan warna pada buah dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen berwarna orange yang ditemukan pada wortel. Lycopen tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga tubuh membutuhkan pasokan lycopene dari makanan yang dikonsumsi. Buah tomat mengandung lycopene lebih banyak dari buah lainnya seperti wortel atau semangka.

Kandungan gizi dalam 100 gram tomat.
Dalam 100 gram tomat terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Fosfor 27 mg
  • Kalium 360 mg
  • Besi 0.6 mg
  • Kalsium 11 mg
  • Vitamin C 23 mg
  • Thiamine 0.06 mg
  • Protein 1 gram
  • Vitamin A 1000 ui
  • Kalori 20
  • Protein 1 gram
  • Potassium 360 mg
  • Thiamine (vitamin b) 0.06 mg

Selain bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker, tomat juga memiliki 7 khasiat bagi kesehatan, yaitu:

 1. Wajah lebih halus

Masalah wajah menjadi masalah yang cukup bahkan sangat penting bagi kita (para wanita kususnya). Ternyata tomat selain bisa dikonsumsi sebagai sayur dan minuman, bisa juga digunakan sebagai masker untuk wajah. Peras tomat yang berwarna merah tua lalu oleskan pada wajah atau gosok irisan tomat pada wajah. Lakukan hal ini setiap hari, maka wajah akan menjadi lebih halus. Bagi yang memiliki masalah pada jerawat, irisan tomat yang ditempel pada lokasi jerawat selama beberapa waktu akan membantu menghilangkan jerawat. Mengapa bisa demikian? Ternyata, kandungan tomatine pada tomat berkhasiat anti-radang. Tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Sementara asam sitratnya juga mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat.

 2. Gusi Berdarah atau sariawan

Gusi berdarah bisa sangat mengganggu kegiatan berbicara sehari-hari. Karena itu, sebelum penyakit ini tiba, sebaliknya dicegah terlebih dahulu. Caranya, setiap hari konsumsilah 1 buah tomat dalam keadaan segar. Jika tidak suka rasanya, bisa ditaburi gula. Sebelum dimakan, ingatlah untuk selalu mencucinya.

 3. Mengatasi Sembelit

Susah buang air besar adalah masalah besar bagi kita. Jika dibiasakan, bisa menyebabkan wasir. Ternyata, dengan mengkonsumsi jus tomat masalah sembelit bisa diatasi. Jus tomat bisa dikombinasi dengan buah lain seperti jeruk untuk membuat rasanya makin lezat. Untuk hasil terbaik, minum jus tomat di pagi hari sebagai ganti sarapan, atau di sore hari sebagai “cemilan” sehat.

 4. Melawan stroke dan penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan khasiat biji tomat bagi kesehatan. cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat, ternyata mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Penelitian juga mendapatkan bahwa jika kita meminum jus tomat tanpa membuang bijinya, maka sekitar 72 persen kita telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

5. Mencegah kanker

Menurut penelitian, makin banyak tomat (bahkan saus tomat sekalipun) yang kita konsumsi, maka makin rendahlah risiko kanker mengincar kita, terutama kanker prostat (bagi kaum pria), kanker paru-paru dan kanker perut. Rahasia khasiat tomat terletak di lycopene, senyawa kimia yang membuat warna tomat merah. Lycopene sangat efektif sebagai bahan antikanker.

 6. Memulihkan fungsi lever

Khasiat tomat untuk lever dikenal sejak tahun 1834. Para peneliti medis jaman itu sudah menyimpulkan bahwa jus tomat secara klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever. Tak ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan meminum jus tomat.

 7. Menyembuhkan bisul

Cara cepat mengatasi bisul ialah dengan memanaskan seluruh daging dan biji tomat. Setelah itu, segera taruh di atas bisul. Biasanya, bisul itu lalu pecah tak lama kemudian, sembuh.

Selain 7 khasiat diatas, tomat juga mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin B2. Vitamin B1 esensial untuk berbagai fungsi tubuh, produksi energi, dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot, membantu tubuh membuat dan memakai protein. Sedangkan vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan, pertumbuhan pada anak, memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh dan membantu menata kembali keasaman tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>