Kopi Bisa Turunkan Resiko Diabetes

Kopi dianggap oelh kebanyakan orang tidak ada manfaat maupun khasiatnya buat tubuh dan kesehatan kalian. Pendapat tersebut salah besar, karena kopi sendiri sangat banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan Kalian dan dapat mencegah beberapa resiko terserang penyakit seperti diabetes.

Jangan remehkan secangkir kopi, kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan zat dalam kopi, menurut mereka, dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, dan karenanya, diabetes pun enyah. Peneliti menemukan, responden yang minum kopi paling banyak 30 persen lebih rendah terserang diabetes dibandingkan yang minum paling sedikit. Hasil penelitian ini diterbitkan European Journal of Nutrition pada October seperti dikutip Shanghaiist, Minggu (24/11/2013).

Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa. Faktor itulah yang mengurangi seseorang mengembangkan diabetes tipe 2.

Ahli Gizi Amerika Serikat Steven Zodkoy, mengatakan belum jelas mengapa kopi mengurangi diebetes. Tapi ia menghubungkannya dengan kafein. Dan kopi hitam ternyata yang terbaik. Ini bukan hanya kopi yang diseduh yang bisa membantu, penelitian lain menemukan mengonsumsi kopi mentah, biji kopi yang tak digongseng menurunkan gula darah pada orang sehat, yang bisa membantunya mencegah dari diabetes.

Zodkoy menjelaskan, peminum kopi dalam penelitian ini juga memiliki diet yang lebih sehat yang membuatnya semakin mengurangi resiko. Orang yang minum kopi dalam penelitian cenderung minum soda manis lebih sedikit. “Minuman bergula yang manis diketahui menyebabkan kegemukan, yang terkait dengan diabetes,” ujarnya. (berbagai sumber)